Rencana Letak Batu Pertama Masjid Besar Peusangan 7 Agustus 2017

  • Whatsapp
Inilah model dan bentuk Masjid Besar Peusangan yang akan dibangun . (Suherman Amin)

Bireuen,Beritalima – Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Cek Wan melalui Sekretarisnya Drs H Faizin Yusuf,M.Pd menyebutkan, rencana pembangunan rehab total Masjid Besar Peusangan dilaksanakan peletakan batu pertama 7 Agustus 2017 oleh Gubernur Aceh Drh Irwandi Yusuf seusai melantik Bupati dan wakil Bupati Bireuen 2017-2022, H Saifannur,S.Sos – DR H Muzakkar A Gani,SH,M.Si.

Pernyataan tersebut diungkapkan Drs H Faizin Yusuf,M.Pd menjawab BERITALIMA.COM Minggu (2/7) di Matanggeulumpangdua Peusangan seusai Shalat Ashar.

Menurut Faizin Yusuf, jadual tersebut ditetapkan pada acara Silaturrahmi Dan Pemantapan Konsep Perencanaan Pembangunan/Rehab Total Mesjid Besar Peusangan di rumah kediaman Ketua Umum Panitia Pembangunan H. Mukhlis Cut Hasan, A.Md pekan lalu di Pulo Ara yang dihadiri penasehat H.Yusri Abdullah, ketua dan anggota Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) serta seluruh panitia yang telah ditunjuk dan di SK kan.

Faizin Yusuf menguraikan sejarah Masjid Besar Peusangan adalah Masjid kebanggan seluruh masyarakat Aceh selain letaknya strategis dan dipingiran jalan yang mudah dijangkau para jamaah yang berjalan jauh Medan – Banda Aceh jugan aman,nyaman dan banyak jamaah memakmurkan masjiud tersebut.

Dijelaskan, berdasarkan catatan sejarah awal mula Masjid Peusangan tersebut berkontruksi kayu yang mulai dibangun 1025 dan selesai 1934.berukuran 22 x 24 meter. Kemudian pada 1971 direhab kembali dengan nama Masjid Jamik Peusangan hingga 1976 dengan sempurna siap pada 1979.

Menurut Faizin di saat Masjid sempurna selesai (1979) Masjid Jamik Peusangan tersebut merupakan kebanggaan masyarakat Aceh setelah Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh.
Sementara pada 2017 ini Masjid yang telah berubah nama sebagai Masjid Besar Peusangan akan dilakukan pembangunan rehab total dan Tim Tehnis Perencanaan Pembangunan yang deiketuai IR H Ismail Ramli telah melakukan survey masjid ternyata kekuatan bangunan 178 Mr sedangkan masjid tersebut berkekuatan sebagaimana harusnya 350 Mr dan modelnya dirancang terindah dan bagus perpaduan antara Masjid-Masjid di Marokko dengan Nigeria ,jelas Faizin.

Sementara Muhammad Yusuf Wakil Ketua Panitia Pembangunan Masjid Besar Peusangan menyebutkan bahwa pada acara silaturrahim dan musyawarah di rumah Ketua Umum, mereka berdiskusi sangat alot terkait rencana pembangunan tentang konsep, bentuk dan model masjid yang akan di bangun namun intinya Masjid tersebut harus dibanbgun dengan model yang menarik sehingga terindah di Aceh.

Sementara itu kata Muhammad Yusuf salah seorang putra Peusangan H. Mukhlis Cut Hasan,A.Md dan isterinya Ibu Hj.Sadriah, SKM menginfakkan sebahagian hartanya berupa dana sebesar 1 (satu) Milyar rupiah utk pembangunan Mesjid Kebanggaan Mayarakat peusangan Tersebut.

“ Insyaallah harapan dan dambaan dari seluruh Masyarakat Peusangan dari empat Kecamatan Pemekaran dan masyarakat Kabupaten Bireuen segera terwujud. Aminn. ( SUHERMAN AMIN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *