RPH Banyuwangi Dipenuhi Sapi Bibit Bali

oleh -76 views
sapi-bali-yang-semakin-banyak-beredar-di-kabupaten-banyuwangi

Banyuwangi, Beritalima.com – Sebanyak 173 ekor sapi disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) jalan ikan wader pari desa karangrejo kecamatan banyuwangi selama dua hari ini. Sapi yang disembelih merupakan sapi asal pulau Bali dan pulau Madura yang beratnya antara 190kg hingga 200kg.

Semua sapi yang disembelih itu dilakukan oleh Yayasan Rumah Zakat (RZ) yang nantinya dikemas dalam bentuk kornet atau kaleng. Sesuai dari peraturan daerah Bali nomor 4 TAHUN 2003.sapi jenis ras bali boleh keluar pulau bali di atas 375 kg.

Plt Kepala Dinas Peternakan drH Benny Handarwanto mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi proses pemotongan yang dilakukan pihak RZ, karena dari pihak RZ sudah memberikan surat keterangan kesehatan hewan serta surat permohonan pinjam tempat di RPH.


“Dinas hanya memfasilitasi saja, untuk penyembelihan dan pengadaan itu jadi kewenangan dari RZ,” ujarnya kepada wartawan Selasa (13/9).

Terkait dengan kecilnya sapi yang disembelih oleh pihak RZ Dinas Peternakan tidak mempermasalahkan karena sesuai dengan aturannya sapi yang disembelih harus jantan dan giginya sudah patah.

“Kalau beratnya tidak masalah yang penting bukan sapi betina,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi secara terpisah koordinator RZ Adit sempat menolak untuk diwawancara dengan alasan harus konfirmasi terlebih dahulu dengan kantor pusatnya yang berada di Kabupaten Bandung.Bahkan adit juga mengatakan hewan yang di sembelih di peruntukkan untuk masyarakat luar kota banyuwangi.

“Maaf mas saya tidak bisa komentar karena harus konfirmasi dulu,” terang Adit.
(ari)