RSUD SK Lerik Dilengkapi Fasilitas dan Tenaga Medis Memadai

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S. K Lerik, Kota Kupang adalah salah satu rumah sakit tipe C di Nusa Tenggara Timur yang memiliki fasilitas dan tenaga medis yang memadai.

“ Untuk sementara dari hasil hitungan fasilitas, SDM dan infrastruktur sudah memadai”, kata Direktur RSUD S.K Lerik, dr. Marsiana Y. Halek kepada wartawan media ini di Kupang, Selasa (6/8).

Dari sisi sumber daya manusia, kata Marsiana, RSUD SK Lerik telah memiliki 17 dokter spesialis, yakni Spesialis Penyakit Dalam dua orang, Bedah dua orang, Kandungan tiga orang, Anastesi dua orang. Sedangkan Spesialis Anak, Patologi Kliniuk, Mata, THT, Kulit dan Kelamin, Rehabilitasi Medik, Jiwa dan Spesialis Otodentik masing – masing satu orang. Begitu pula dokter umum, yakni sebanyak 11 orang.

“ Untuk rumah sakit tipe C kita sudah melebih dari yang diwajibkan, yaitu empat dasar dan tiga penunjang”, kata Marsiana.

Terkait rencana Pemerintah Kota Kupang, mulai tahun 2017 mendatang akan diberlakukan pelayanan kesehatan gratis dengan menggunakan KTP, Marsiana mengatakan, RSUD SK Lerik yang merupakan rumah sakit Pemerintah Kota Kupang maka tentunya akan siap melaksanakan pelayanan kesehatan gratis.

“ Pada prinsipnya, kami sangat siap memberikan pelayanan kesehatan dengan sistem e-KTP bagi warga yang sangat membutuhkan secara gratis. Mekanismenya adalah masyarakat yang sakit bawa KTP, kemudian kami foto copy dan selanjutnya kami memberikan pelayanan yaitu mulai dari UGD, rawat inap maupun operasi”, ujarnya.

Sedangkan pembayaran biaya pelayanan kesehatan nanti diklaim ke Dinas Kesehatan Kota Kupang. Anggaran yang dialokasikan untuk pelayanan kesehatan gratis adala sebesar Rp 20 miliar. (Ang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *