Sekitar 4.000 Orang Pekerja Saat Hari Buruh Internasional Ikuti Fun Walk Bersama Pj Bupati Jombang

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – May Day, bulan peringatan Hari Buruh Internasional, Kabupaten Jombang ikut memeriahkan dimana serikat pekerja bersama Pj. Bupati Sugiat, S.Sos mengikuti Fun Walk May Day dan Gerakan Pangan Murah di Alun-Alun, Rabu (1/5/2024)

Pada kesempatan itu, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Dwi Irawati Sugiat, S.Pd, Sekdakab Jombang Agus Purnomo, S.H., M.Si., Forkopimda, Ketua Organisasi Wanita, Satf Ahli, Asiaten, dan beberapa Kepala OPD terkait.

Hari Buruh Internasional sejak pukul 05.00 di alun alun Kabupaten Jombang, tercatat kurang lebih 4000 orang dari jumlah kupon sebanyak 6000 lembar. Adapun rute fun walk dimulai dari depan Pendopo Kabupaten Jombang, melintasi Jl. Bupati RAA Soeradiningrat, Jl. KH Wakhid Hasyim, Jl. Juanda, Jl Kusuma Bangsa, Simpang 4 SMA Negeri 2 Jombang, Jl. Bupati R Soedirman, Jl. Gubernur Suryo, Jl. KH Ahmad Dahlan, dan finish di Alun Alun Kabupaten Jombang.

Acara diawali Barongsai Lii Ong Xhi diteruskan sambutan Pj. Bupati Jombang, Sugiat, S.Sos., M.Psi.T dengan atas nama Pemerintah apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan acara ini. Lalu pemberangkatan Fun Walk ditandai dengan pengibaran bendera start hingga peserta terlihat ceriah jalan bareng bersama Pj. Bupati dan bawahannya.

“Kami terus berupaya untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Kami juga mendorong para pengusaha untuk selalu memperhatikan hak-hak pekerja/buruh, seperti upah layak, jam kerja yang wajar, dan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja,” tuturnya saat sambutan sebelum star dimulai.

Lanjutnya mengharapkan, jalan sehat dapat membuat bugar dan berdampak baik pada kinerja. Juga dengan meningkatnya kinerja buruh, produktifitas perusahaan dipastikan akan ikut meningkat.

“Jika produktifitas naik, maka industri pun tak segan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh,” imbuhnya.

Lebih lanjut dihadapan SPSI, dan ribuan peserta Fun Walk, Pj Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang telah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga perusahaan di Jombang yang memiliki kontribusi positif.

Adapun PT yang mendapat penghargaan diantaranya PT Pei Hai International Wiratama sebagai perusahaan yang memperkerjakan pegawai disabilitas terbanyak. PT Wahyu Daya Mulia sebagai perusahaan zero conflict tahun 2023. Dan PT Aksha Karunia Mill sebagai perusahaan dengan serapan tenaga kerja lokal terbanyak.

Sebelum menutup sambutannya, Putra Daerah asal Dusun Kalongan Desa Japanan Kecamatan Gudo ini membakar semangat SPSI dan seluruh peserta Fun Walk agar giat bekerja, giat berusaha, giat berkarya untuk Jombang yang produktif, kondusif dan sejahtera.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Sugiat juga mengutip salah satu pidato Bung Karno. “Orang hidup harus makan, yang dimakan hasil kerja. Jika tidak bekerja tidak makan, jika tidak makan pasti akan mati. Inilah undang-undangnya dunia, inilah undang-undangnya hidup, mau tidak mau semua makhluk harus menerima undang-undang ini. Terimalah undang-undang itu dengan jiwa yang besar dan merdeka, jiwa yang tidak menengadah melainkan kepada Tuhan, ” tutur Pj Bupati Sugiat mengutip pidato Bung Karno.

Selain jalan sehat, rangkaian kegiatan Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2024 di antaranya dilaksanakan penyerahan santunan, bazar sembako murah, makan gratis untuk semua peserta, membuka layanan donor darah, SIM & Samsat Keliling, dan acara yang ditunggu-tunggu adalah undian hadiah Fun Walk yaitu 200 hadiah yang terdiri dari hadiah utama satu unit motor, beberapa unit sepeda, lemari es, TV, blender dan lain sebagainya.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait