Sharing Motivation Rapat Kadep, Bahas Mendidik dengan Value

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Universitas Airlangga (Unair) menggelar kegiatan Rapat Kerja Kepala Departemen (Kadep) pada Sabtu (21/09/2024) hingga Senin (23/09/2024). Pada hari kedua rapat kerja, Unair mengundang Prof Akhmaloka PhD sebagai pembicara pada sesi sharing motivation.

Pada kesempatan tersebut, Prof Akhmaloka mengatakan bahwa perguruan tinggi tidak boleh hanya melahirkan lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual saja. Ia menegaskan bahwa kecerdasan emosional dan spiritual juga penting agar nilai-nilai moral dan etika tetap terjaga.

“Perguruan tinggi tidak cukup hanya menghasilkan SDM yang tangguh dalam membangun bangsa. Lulusan perguruan tinggi juga harus dapat menjaga nilai moral dan etika,” ucap Mantan Rektor Institut Teknologi Bandung itu.

Teknologi dan Value

Perkembangan pesat teknologi telah membawa banyak perubahan pada kehidupan manusia. Saat ini banyak manusia yang semakin bergantung pada teknologi dalam menjalani kehidupannya. Prof Akhmaloka menilai bahwa ketergantungan itu tidak baik karena teknologi tidak memahami nilai kemanusiaan

“Banyak orang yang berpikir bahwa computer is everything, padahal komputer itu tidak punya value. Pada era society 5.0 itu, kita sudah berbicara soal value, soal nilai kemanusiaan. Namun, saat ini manusia malah semakin percaya ke komputer, padahal komputer itu juga produk buatan manusia,” ucapnya.

Keunikan dan Kebaikan

Prof Akhmaloka juga meyakini bahwa setiap mahasiswa pasti memiliki kelebihan. Oleh karena itu, Ia mengatakan bahwa seorang pendidik harus mampu untuk membantu mahasiswa menemukan dan memoles kelebihan yang mereka miliki.

“Setiap manusia punya keunggulannya masing-masing. Sehingga jika bapak ibu mendidik anak-anak kita, maka temukan keunggulan mereka. Setiap anak pasti punya keunikan dan kebaikan yang bisa mereka tawarkan dan berikan ke dunia,” ucap Guru Besar FMIPA ITB itu.

Prof Akhmaloka juga menjelaskan bahwa pendidikan bukanlah proses yang dapat diputar kembali. Oleh karena itu, akan sulit untuk membentuk kembali mahasiswa atau lulusan yang telah melewati proses pendidikan yang salah.

“Proses itu ada yang bisa bolak balik, ada yang gak bisa balik. Pendidikan adalah irreversible process. Jadi hindari segala anomaly dan abnormality dalam prosesnya. Perguruan tinggi tidak boleh sampai salah dalam membuat kurikulum. Sekali salah maka anak didik kita akan salah seterusnya,” tutupnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait