SMK Negeri 2 Palembang Menjadi Rujukan Sekolah Kejuruan Nasional

  • Whatsapp
Kasi Kelembagaan Kementerian Pendidikan RI, Ir. Yudi Norman, Pejabat pemkot dan Kepala SMK Negeri 2 Palembang H. Syaifullah Sofuan, ST., M.Si. Saat pembukaan Expose SMKN 2 Palembang menuju SMK rujukan

Palembang, beritaLima – Setelah ditunjuk sebagai Sekolah SMK Negeri Rujukan, SMKN 2 Palembang menggelar Kegiatan Pembukaan Expose SMK Negeri 2 Palembang Menuju SMK Rujukan pada Rabu pagi (07/ 12) di aula SMK Negeri 2 Palembang.

Kepala SMK Negeri 2 Palembang H. Syaifullah Sofuan, ST., M.Si menyatakan, kegiatan ini merupakan unjuk kinerja SMK 2 palembang dalam rangka pencapaian kualifikasi SMK Rujukan yaitu mempromosikan dan mempublikasikan aktivitas Sekolah dan hasil berupa produk dan jasa. “Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari kerjasama SMK dan dukungan pemerintah serta pihak lain dalam rangka meningkatkan kualitas SMK”, jelasnya.

Menurut Syaifullah Sofuan, Keunggulan dan nilai plus yang dimiliki SMKN 2 Palembang mengatarkannya pada SMK Negeri favorit di kota palembang tersebut lolos sebagai nominasi SMK Rujukan binaan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata ( P4TK Bisbar ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 dan berpeluang menyandang SMK Rujukan.

“Ini adalah kehormatan bagi SMKN 2 Palembang karena dipercaya melaksanakan kegiatan ekspose dari sekian ribu sekolah calon rujukan, diseleksi dan akhirnya berhasil pula SMKN 2 Palembang ini ditunjuk menuju sekolah rujukan”, ucapnya.

Tujuan ekspose untuk mempromosikan kegiatan belajar mengajar, hasil-hasil karya pada siswa dan semua aktivitas yang ada di sekolah. “Termasuk mempromosikan keterserapan lulusan, baik yang bekerja, melanjutkan maupun wira usaha”, Kepala SMK Negeri 2 Palembang H. Syaifullah Sofuan, ST., M.Si.

Dia mengatakan, siswa sudah bisa menciptakan robot, alat pengontrol listrik, memperbaiki mobil dan motor rusak serta berbagai karya lainnya.

Yang jelas, lanjut dia, dijadikannya SMK rujukan tersebut akan memacu diri sekaligus memotivasi pelajar untuk berkompetisi.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan Kementerian Pendidikan RI, Ir. Yudi Norman mengatakan, memang sekarang ini sedang diproses keabsahan SMK Negeri 2 sebagai sekolah rujukan.

Apalagi SMKN 2 Palembang ini sudah memenuhi syarat untuk dijadikan sekolah kejuruan rukukan.

Dia mengatakan, sebenarnya banyak manfaat yang didapat bila sekolah sebagai rujukan di antaranya sebagai percontohan dan memotivasi lembaga lainnya. Sedangkan lulusannya sudah berstandar sehingga mudah diterima bekerja di berbagai perusahaan.

Adapaun ruang lingkup ekspose pengembangan sekolah Rujukan, menyangkut peningkatan layanan, manajemen sekolah, proses pembelajaran, peningkatan sarana prasaran sekolah, kualitas lulusan dan pembinaan SMK sebagai pusat pelatihan.

(Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *