Pangdam IM Tinjau Korban Gempa Pidie Jaya

  • Whatsapp

PIDIE JAYA-ACEH, Beritalima- Panglima Kodam Iskandar Muda  Mayjen TNI Tatang meninjau langsung proses evakusi korban bencana gempa di Kabupaten Pidie Jaya tepatnya di Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (07/12/16). Tidak sendirian, dalam Peninjauan ke lokasi gempa juga hadir bersama rombongan Pangdam yakni Kapolda Aceh dengan menggunakan Helly Bell Kodam.

Pangdam IM meninjau pelaksanaan evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan TNI, Polri dan SAR. Selian itu, pimpinan tertinggi Kodam IM juga meninjau puluhan korban gempa yang berada di tenda-tenda posko kesehatan,Kecamatan Trienggading merupakan salah satu kecamatan terparah akibat gempa.

 Sebagian korban luka juga telah dievakuasi ke 3 rumah sakit  terdekat. Rumah sakit yang beroperasi untuk merawat para korban luka tersebut yaitu . Pidie, RS. Pidie Jaya, dan RS. Bireuen.

Saat ini, Mayjen TNI Tatang Sulaiman bersama Kapolda akan berkeliling meninjau sejumlah lokasi gempa dan posko bencana.

Sementara itu, sejumlah alat berat milik Kodam IM terdiri dari 2 unit Eskavator, 3 unit Laoder dan 4 unit dum truck dari satuan Batalyon Zipur 16/DA saat ini sedang dalam perjalanan dari Indrapuri Aceh Besar menuju lokasi bencana untuk dikerahkan membantu evakuasi gempa di Pidie Jaya.

Saat ini, selain membantu evakuasi masyarakat korban gempa bersama dengan Tim SAR dan Polri, Kodim 0102/Pidie juga mendirikan posko bantuan bencana berupa posko Kesehatan dan posko dapur umum.

Dandim Letkol Inf Usik Samawa Parana yang langsung terjun kelokasi mengatakan, saat ini Kodim tengah melakukan evakuasi bersama Tim SAR, Polri dibantu masyarakat.

Informasi yang diperoleh, sebanyak ratusan warga di Kecamata Pidie Jaya Provinsi Aceh Ratusan orang mangalami luka-luka dan 41 orang meninggal, dikarenakan tertimpa Reruntuhan Bangunan. Korban kebanyakan anak-anak danlansia, dikarenakan mareka kebanyakan tinggal di lantai dua Ruko. Korban luka kini sedang mendapatkan penanganan medis di RS. Pidie Jaya dan Kabupaten Pidie.

Tiga lokasi terparah diakibatkan oleh gempa sekitar pukul 05.03 Wib di Pidie Jaya yang berada di 3 kecmatan, yakni Kec. Merdu, Kec. Tringgadeng dan Kec. Samalaga 3.  Banyak bangunan runtuh, Seperti Kuko, Rumah , Tempat Ibadan, Sekolah  dan Pesantren yang kini masih dalam pendataan,’’(Aa79)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *