Tingkatkan Kualitas Generasi Muda, BI Jatim Gandeng Perguruan Tinggi

  • Whatsapp
Kepala KPw BI Jatim, Difi Ahmad J.

SURABAYA, beritalima.com – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur melakukan penandatangan Perjanjiaan Kerjasama Beasiswa Bank Indonesia dengan 5 (lima) Perguruan Tinggi di Surabaya dan Madura, Kamis (6/4/2017).

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala KPw BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah, ini dihadiri Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Joni Hermana, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, H Abd A’la, Rektor Universitas Negeri Surabaya, Warsono, Rektor Universitas Trunojoyo Madura, H Muh.Syarif, dan Wakil Rektor Universitas Airlangga, Djoko Santoso, serta seluruh mahasiswa calon penerima beasiswa BI.

Beasiswa BI merupakan program sosial BI bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan aktivitas sosial kemasyarakatan. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Hal itu merupakan bentuk kepedulian BI terhadap kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai salah satu modal pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

SDM yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa di masa depan terutama dalam menghadapi tantangan global.

Beasiswa BI dibagi menjadi 2 kategori, Reguler dan Unggulan. Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi yang aktif dalam kegiatan intra kampus maupun eksternal dengan latar belakang menengah ke bawah, sedangkan Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi yang berprestasi dengan indeks prestasi kumulatif minimal 3,5.

Kuota beasiswa reguler sebanyak 40 orang/PTN masing-masing Rp750.000 per bulan selama setahun. Sementara kuota beasiswa unggulan sebanyak 10 orang/PTN masing-masing Rp1.500.000 per bulan selama 12 bulan.

Secara nasional BI pada tahun 2016 telah menyalurkan beasiswa kepada 82 PTN untuk 3.026 mahasiswa, dengan total beasiswa mencapai Rp21 miliar. Sedangkan di Jawa Timur, penyaluran beasiswa pada tahun 2016 telah bekerjasama dengan 11 PTN, dengan total beasiswa yang disalurkan sebanyak Rp2,45 miliar kepada 380 mahasiswa.

Beasiswa yang disalurkan melalui KPw BI Jatim telah dimulai sejak tahun 2003. Pada tahun 2017, BI Jatim kembali bekerjasama dengan 5 PTN di Surabaya dan Madura, yaitu Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya untuk beasiswa unggulan, sedangkan Universitas Negeri Surabaya, IAIN Sunan Ampel dan Universitas Trunojoyo untuk beasiswa Reguler.

Jumlah penerima beasiswa dari 5 PTN tersebut untuk tahun 2017 diharapkan sebanyak 140 orang dengan total penyaluran dana beasiswa sebesar Rp1,44 miliar rupiah. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *