Uji Coba Bus Listrik Buatan INKA, Walikota Madiun: Ini Sarana Transportasi Masa Depan

  • Whatsapp
H. Maidi (kiri), Agung S (kanan)

MADIUN, beritalima.com– Dikenal sebagai perusahaan produsen kereta api, kini PT INKA (Persero) Madiun, Jawa Timur, mencoba melebarkan sayapnya pada industri transportasi darat jenis lain. Yakni, bus bertenaga listrik yang diberi nama E-Inobus.

E-Inobus unjuk kemampuan di hadapan Walikota Madiun, H. Maidi, dengan dibawa ke halaman balai kota, Selasa 27 Oktober 2020.
Tak hanya ramah tamah, pada kesempatan itu walikota juga turut menjajal kemampuan E-Inobus. Tes di jalan raya pun dilakukan. Mulai dari balai kota di Jalan Pahlawan menuju Jalan Cokroaminoto, Musi, HA Salim, Kolonel Marhadi, Ahmad Yani, dan kembali ke balai kota. “Ini sarana transportasi masa depan,’’ tutur H. Maidi, setelah uji coba E-Inobus.
Menurutnya, E-Inobus memenuhi standar sarana transportasi perkotaan. Salah satunya dikarenakan bus ini ramah lingkungan, tidak menyebabkan polusi udara, dan tidak berisik. ‘’Uenak pol,’’ ucapnya.


Walikota berharap, ke depan akan terjalin kerjasama antara Pemkot Madiun dan PT INKA. Khususnya, untuk melengkapi sarana dan prasarana pariwisata di Kota Madiun. Walikota juga berencana memesan bus listrik dengan bodi mirip kereta Shinkansen, Jepang.


Sementara itu, Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung S, mengungkapkan, bahwa terciptanya E-Inobus tak lepas dari peran Walikota Madiun, H Maidi.


“Tanpa dukungan pak walikota yang menyediakan Kota Madiun sebagai etalase kami, tentu kami tidak akan memiliki keberanian untuk mewujudkan sarana transportasi ini,’’ ucap Agung.


Terkait tantangan yang diberikan walikota untuk membuat bus listrik dengan bodi Shinkansen, Agung pun menyanggupi. ‘’Kereta kami sudah bisa buat. Begitu pula bus listrik. Maka, tantangan itu bisa kami wujudkan,’’ ungkapnya. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait