Undang Wartawan, Pemkab Madiun ‘Blak Kotang’ Terkait Serapan APBD Dan Target PAD

oleh -1 views

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka diseminasi program OPD, Pemkab Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengundang puluhan wartawan di sebuah rumah makan, Kamis 5 Desember 2019.

Momen pertemuan terakhir dalam diseminasi program OPD 2019 yang dihadiri Wakil Bupati, H. Hari Wuryanto, digunakan oleh Pemkab, dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), ‘blak kotang’ (baca: blak blakan/terbuka) terkait serapan APBD 2019 dan target Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Menurut Sekretaris BPKAD Kabupaten Madiun, Puji Satriyo, hingga pukul 07.00 WIB, Kamis (5/12), serapan APBD baru sebesar 72,63 persen dari total APBD sebesar sekitar Rp.1,9 trilyun. Bahkan di Dinas PUPR, serapannya baru sekitar 47 persen. Hal ini disebabkan, karena ada pekerjaan yang kontrak kerjanya di bulan Desember.

“Serapan yang kami hitung, diantaranya berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) melalui pengajuan SPP (Surat Permintaan Pembayaran) dan SPM (Surat Perintah Membayar),” terang Puji Satriyo, yang akrab disapa dengan nama panggilan, Yoyok.

Sedangkan terkait target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 sebesar Rp.209 milyar, menurut Sekretaris Bapenda Kabupaten Madiun, H. Ari Nursurahmat, S.Sos, pencapaiannya sudah tembus pada angka Rp.186 milyar lebih.

“Itu angka hingga 30 November kemarin. Dari jumlah tersebut, diantara pemasukan pajak daerah sebesar Rp.60 milyar dari target Rp.63 milyar dan retribusi sebesar Rp.8,49 milyar dan pendapatan yang lainnya yang sah,” kata H. Ari Nursurahmat, S.Sos.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Hari Wuryanto, berharap dukungan dan masukan dari wartawan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Madiun.

“Target PAD 2020 sebesar Rp. 219 milyar dari tahun sebelumnya (2019) sebesar Rp. 209 milyar. Ini memang ada peningkatan dan perlu dukungan dari anda (wartawan) semua. Karena pak bupati sudah mecangkan untuk meningkatkan PAD pada tahun depan. Ini juga perlu sumbangsih (masukan) dari wartawan bagaimana meningkatkan PAD,” tutur H. Hari Wuryanto.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Dinas Kominfo, Sawung Rehtomo, Sekretaris Dinas Kominfo serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Madiun. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Hari Wuryanto (tengah atas).