Vertigo, Aku Harus Bagaimana?

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Selalu kita mendapat pertanyaan sbb :”Saya kan suka pusing kayak muter-muter gitu dok, pas diperiksain katanya saya itu tuh vertigo. Gimana cara nyegahnya ya dok sama ngobatinnya gimana?
Orang yang memiliki gangguan keseimbangan seperti penyakit vertigo perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam melakukan gerakan yang tiba-tiba. Seperti saat duduk lama kemudian ingin berdiri, atau dari tidur berbaring lama kemudian ingin bangun (bangun tidur). Selain itu, beberapa penyakit vertigo dapat dipicu oleh faktor lain seperti kelelahan, untuk itu penting juga untuk menjaga tubuh agar tidak kelelahan untuk mencegah

Vertigo adalah gejala yang menyebabkan seseorang mengalami sensasi pusing berputar yang muncul secara tiba-tiba. Pada kondisi yang parah, gejala vertigo bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, vertigo bisa menyebabkan Vertigo dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam, tergantung pada tingkat keparahannya. Gejala utamanya adalah sensasi seperti berputar yang biasanya dipicu oleh gerakan atau perubahan posisi kepala.Vertigo dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam, tergantung pada tingkat keparahannya. Gejala utamanya adalah sensasi seperti berputar yang biasanya dipicu oleh gerakan atau perubahan posisi kepala.

Vertigo adalah rasa berputar dan pusing saat seseorang berdiri atau bahkan duduk. Kondisi ini biasanya menandakan adanya gangguan keseimbangan. Banyak yang menganggapnya sebagai rasa pusing biasa, meskipun seseorang dengan vertigo seringkali merasa hampir pingsan. Cara terbaik untuk menggambarkan vertigo adalah dengan memutar tubuh Anda beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan.

Vertigo dapat terjadi dengan sangat tiba-tiba dan pada beberapa kasus, berlangsung hingga hitungan hari. Terkadang dibutuhkan terapi dan pengobatan untuk mengatasinya, namun itu semua tergantung pada tingkat keparahan vertigo yang dirasakan Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing hingga merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Meski sering kali dianggap sebagai suatu penyakit, sebenarnya merupakan gejala dari penyakit atau kondisi lain.qVertigo harus diperiksakan ke dokter agar diketahui penyebabnya. Dengan begitu, pengobatan yang sesuai dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan menghindari kekambuhan.

PENYEBAB VERTIGO :
Pada dasarnya, vertigo muncul karena adanya gangguan pada telinga atau otak. Beberapa kondisi yang dapat menimbulkan vertigo adalah:
1. Cedera pada kepala atau leher
2. Multiple sclerosis
3. Penyakit Meniere
4. Tumor
Dengan perkataan lain vertigo disimpulkan :
1. Pusat (meliputi cedera, luka trauma, dan gangguan kesehatan lainnya yang terjadi pada otak.)
2. Perifer.( telinga) yaitu Sindrom Meniere,
Vertigo posisi paroksismal jinak (Benign Paroxysmal Vertigo – BBPV), dan serangan vertigo akibat peradangan saraf menuju saluran setengah lingkaran pada telinga (kanalis semisirkularis) atau neuritis vestibular.

Jenis yang disebutkan terakhir seringkali dihubungkan dengan keseimbangan karena saraf berbeda yang terhubung dari otak ke sistem keseimbangan atau vestibular, termasuk saraf yang terhubung dengan mata. Sistem vestibular tersebut terkadang rusak atau terinfeksi virus (neuritis vestibular). Beberapa kristal juga dapat terbentuk, keluar dengan cairan telinga, dan menyebabkan rasa pusing (BBPV). Sindrom Meniere, di pihak lain, seringkali dihubungkan dengan kehilangan pendengaran dan rasa pusing, meskipun penyebab yang sebenarnya masih belum diketahui.

FAKTOR PENGARUHI VERTIGO
1. Penuaan: Semakin tua Anda, semakin besar pula resiko untuk terkena BBPV. Kalsium akan menumpuk di saluran dalam telinga, merubah metode pengiriman sinyal saraf ke otak. Meskipun penyebab kondisi tersebut masih belum diketahui, kondisi ini termasuk ke dalam gangguan telinga bagian dalam yang mudah untuk diatasi.
2. Sakit Kepala Sebelah (Migrain): Sekitar 40% sakit kepala sebelah juga diikuti dengan gejala vertigo. Bahkan, terdapat sebuah kondisi yang dinamakan migren berhubungan dengan vertigo. Migrain ditandai dengan rasa sakit pada salah satu sisi kepala.
3. Obat-obatan: Beberapa jenis obat-obatan, termasuk obat untuk depresi dan kejang, memiliki efek samping pada telinga bagian dalam

GEJALA VERTIGO :
1. Merasa bahwa lingkungan di sekitar Anda tengah berputar
2. Merasa pusing setiap bangun tidur
3. Mengalami pusing setiap kali Anda menggerakkan kepala Anda
4. Merasa bahwa Anda akan terjatuh
5. Suara dering pada telinga (tinnitus)
6. Sakit kepala
7. Rasa mual dan muntah-muntah
8. Aura (tergantung pada penglihatan)
9. Berkeringat cukup banyak
Beberapa kasus vertigo tidak begitu parah sehingga Anda mungkin merasa tidak perlu menemui dokter. Namun, karena vertigo merupakan pertanda dari sebuah penyakit, Anda sebaiknya selalu waspada dan mendapatkan pertolongan dokter sesegera mungkin
TINDAKAN PERTAMA VERTIGO :
1. Tidak banyak bergerak
2. Duduk atau berbaring ketika vertigo terjadi
3. Tidak mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba
4. Tidak membaca tulisan apa pun
5. Menghindari sinar yang terlalu terang
6. Vertigo dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor risikonya, misalnya dengan memakai helm saat mengemudikan kendaraan atau memakai pelindung tubuh saat berolahraga. Hal tersebut untuk menghindari cedera pada kepala yang dapat menimbulkan vertigo.

.PENUNJANG DIAGNOSA :
1. Tes yang disebut manuver Dix-Hallpike kemungkinan akan dilakukan selama proses diagnosa. Jika hasilnya positif, maka Anda memang menderita BPPV
2. Tes kalori
3. Tes garpu tala
4. Tes darah
5. electronystagmography.

PENGOBATAN
1. Mengurangi konsumsi [alkohol[(/id/info/condition/pecandu-alkohol)
2. Penanganan stres
3. Rehabilitasi sistem keseimbangan tubuh atau vestibular
4. Obat-obatan seperti proklorperazin

Otologi merupakan cabang ilmu kesehatan yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan telinga, termasuk struktur serta kondisi telinga (seperti kehilangan pendengaran atau masalah keseimbangan). Cabang ini berhubungan erat dengan neuro-otologi yang mempelajari tentang gangguan-gangguan saraf (neurologis) yang mempengaruhi telinga seperti kelumpuhan saraf wajah dan sindrom Meniere. Otologi juga merupakan cabang dari THT, yang mempelajari tentang telinga, hidung dan tenggorokan.

Saya waktu itu pernah ya dok lagi tidur terus kepala kleyengan muter-muter gitu, itu harusnya diapain ya? Makasih
Orang yang memiliki gangguan keseimbangan seperti penyakit vertigo perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam melakukan gerakan yang tiba-tiba. Seperti saat duduk lama kemudian ingin berdiri, atau dari tidur berbaring lama kemudian ingin bangun (bangun tidur). Untuk itu saat akan melakukan gerakan tiba tiba disarankan untuk melakukan secara perlahan dengan berdiam diri terlebih dahulu dalam posisi awal, kemudian baru secara perlahan duduk (jangan langsung berdiri).Demikian ulasan luas dan singkat tentang vertigo yang selslu kita hadapi, semoga bermanfaat.
RobertoNews : 1399 《16.4.22(09.15》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait