Wabup Sumenep Tekankan Peserta MTQ Tunjukkan yang Terbaik

  • Whatsapp
Pelepasan kafilah MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur 2021

SUMENEP, beritalima.com| Para peserta MTQ yang mewakili Kabupaten Sumenep harus menampilkan kemampuan terbaiknya, pada penyelanggaraan MTQ ke-29 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan tahun ini.

Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I, mengatakan, peserta MTQ hendaknya meningkatkan kualitasnya mengikuti kegiatan ini, dalam rangka memperbaiki peringkat, mengingat Kabupaten Sumenep pada penyelenggaraan sebelumnya, menempati peringkat 15 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

“Kami mengharapkan pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini, bisa masuk 10 besar supaya menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Kabupaten Sumenep,” jelas Wakil Bupati (Wabup) saat pelepasan kafilah MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur 2021, di Hotel Asmi, Selasa (2/11/2021).

Para peserta Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) harus mempersiapkan mental agar saat mengikuti lomba benar-benar menunjukkan segala kemampuannya, sehingga pada akhir pelaksanaannya mendapatkan hasil terbaik untuk menjadi juara.

“Peserta harus bersemangat dalam mengikuti lomba MTQ sekaligus memberikan kemampuan terbaik supaya bisa meraih prestasi untuk membawa nama baik Kabupaten Sumenep,” imbuh Wabup.

Wabup mengungkapkan, kafilah MTQ Kabupaten Sumenep wajib menjaga nama baik daerah di antara kafilah yang lainnya, bahkan harus menjadi teladan bagi kafilah lainnya, sehingga keikutsertaannya tidak hanya mengejar juara semata, tetapi sebagai peserta yang bermoral dan berkarakter budaya.

“Selain itu, pelaksanaan MTQ itu sebagai pembangkit semangat untuk melakukan kajian sains terhadap keberadaan Al-Qur’an, agar bermunculan generasi yang tidak hanya formalitas belajar Al-Qur’an, tetapi juga menjadikan Al-Qur’an sebagai semangat kemajuan,” katanya.

Sementara, Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Setkab Sumenep Kamiluddin mengungkapkan, pihaknya untuk mempersiapkan Kafilah MTQ melaksanakan karantina selama dua hari dari tanggal 01 hingga 02 Nopember 2021 di Hotel Asmi.

“Bahkan, untuk kelancaran dan kesuksesan keikutsertaan kafilah MTQ Kabupaten Sumenep pada MTQ ke-29 tingkat Provinsi Jawa Timur, telah dilakukan istighotsah dan doa bersama serta Khatmil Qur’an,” katanya.

Sedangkan Cabang MTQ yang diikuti oleh kafilah Kabupaten Sumenep sebanyak 7 cabang baik putra maupun putri, antara lain Cabang Tilawah Al-Qur’an sebanyak 12 orang, Hifdzil Qur’an sebanyak 7 orang, Tafsir Al-Qur’an sebanyak 5 orang.

Serta, Khot Al-Qur’an sebanyak 8 orang, Fahmil Qur’an sebanyak 6 orang, Syarhil Qur’an sebanyak 3 orang dan Cabang Malakal Ilmiyah Al-Qur’an sebanyak 2 orang.
(An/ **)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait