Warga Bobaneigo Tolak Kedatangan Ketua PKK Halbar

  • Whatsapp

TOBELO, beritalima.com – Puluhan warga desa Babaneigo kecamatan Kao Teluk kabupaten Halmahera Utara menolak kedatangan ketua tim penggerak PKK kabupaten Halmahera Barat, Joula Danny Missy bersama rombongan dalam rangka kunjungan kerja dan pertemuan dengan PKK kecamatan Jailolo Timur kabupaten Halmahera Barat.

Penghadangan ketua PKK Halbar dan rombongan ini, dipimpin oleh Sekdes Bobaneigo versi Halut, Zainal Ilyas, dengan cara membakar ban mobil bekas dan menutup sebagian badan jalan sehingga rombongan dari Halbar tidak dapat melewatinya. Akibatnya terjadi aksi saling dorong serta adu mulut antara puluhan warga dengan rombongan tim PKK Halbar.

Tak ingin terjadi aksi yang anarkis, akhirnya tim PKK Halbar memilih untuk menghidar dan kembali di perempatan Dodinga sambil menunggu hasil koordinasi dari Camat Jailolo Timur.

Sekertaris desa Bobaneigo, Zainal Ilyas mengatakan aksi pemalangan jalan yang dilakukan warga desa Bobaneigo bertujuan untuk menolak aktivitas Pemerintah Halmahera Barat di desa Bobaneigo, ” sesuai undang-undang desa Bobaneigo masuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Utara, jadi kami menolak apabila ada kabupaten lain masuk melakukan aktivitas di desa kami, ” ujar Zainal Ilyas.

Selain itu, menurut Sekdes  kegiatan kunjungan dari Pemda Halmahera Barat tidak pernah melakukan koordinasi dengan pemda Halmahera Utara, ” ini wilayah kami, jadi kalau mau masuk terlebih dahulu berkoordinasi,” tandasnya.

Sementara Kasat Intelkam Polres Halmahera Utara, Ipda Beny Krons, yang saat itu tiba di Desa Bobaneigo, melakukan koordinasi dengan Kades Bobaneigo versi Halut, Hi Ayub dan camat Jailolo Timur kabupaten Halmahera Barat.

Menurutnya, keterangan dari Kades Bobaneigo, bahwa masyarakat versi Halut tidak akan melakukan hal -hal yang dapat mengganggu ketertiban umum dengan catatan dalam penyampaian nanti pemerintah Halbar tidak menyinggung perasaan dari masyarakat versi Halut.

Sedangkan camat Jailolo Timur, kata Kasat Intelkam, menyatakan apapun yang terjadi pemerintah kecamatan dari versi Halbar tetap melaksanakan penjemputan kedatangan ketua PKK Halbar.

Sekitar pukul 14.00 wit, Kapolsek Malifut, Iptu Mansur Basing bersama anggota tiba di Desa Bobaneigo selanjutnya melakukan koordinasi dengan Camat Jailolo Timur untuk kelanjutan kegiatan PKK Kabupaten Halbar. (rma)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *