Wawako Palembang Resmikan Posbindu

  • Whatsapp

PALEMBANG – Kesehatan masyarakat terus menjadi komitmen Pemkot Palembang yang akan terus dikedepankan. Tak hanya Rumah Sakit dan Puskesmas, saat ini pemkot Palembang telah memiliki 30 unit Pos pembinaan terpadu (Posbindu) yang dibentuk melalui swadaya masyarakat. Salah satunya yang berada di Jl Kancil Putih, Kelurahan Demang Lebar Daun, yang diresmikan Wawako Fitrianti Agustinda, kemarin (10/8).

Sedikit berbeda dengan pelayanan kesehatan pada umumnya, pada Posbindu ini masyarakat bisa mendeteksi awal penyakit tidak menular, sebelum dilakukan penanganan tahap lanjut baik di Puskesmas, maupun rumah sakit. Posbindu, melayani pemeriksaan dini Hipertensi, Kencing manis, dan beberapa penyakit lain yang dianggap bisa ditangani sebelum dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Posbindu akan beroperasi sekali dalam sebulan, di setiap minggu kedua. Dimana akan melayani warga dari seluruh usia, mulai dari 15 tahun. Sementara petugasnya, didatangkan dari rumah sakit dan puskesmas. Sedangkan untuk pengurus akan diambil dari warga setempat yang membuat Posbindu ini betul-betul berasal dari oleh dan untuk warga dikawasan tempat didirikan.

“Pemkot menargetkan akan ada Posbindu di seluruh kelurahan. Jadi tahun depan, kita berharap sudah punya 107 posbindu untuk membantu masyarakat,”kata Wawako.

Selain hal tersebut, posbindu juga diharapkan dapat menjadi serupa seperti Posyandu dimana seluruh keluhan masyarakat terkait kesehatan, termasuk nantinya imunisasi bagi balita juga dapat dilakukan disini. Komitmen ini menjadi hal yang menurut Wawako akan terus dikedepankan oleh Pemkot Palembang, demi mewujudkan visi Palembang yang Elok, Madani, Aman dan Sehahtera (EMAS).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia M Kes, mengungkapkan, pihaknya akan terus memantau pelaksanaan kegiatan di Posbindu yang ada di Palembang. Sehingga dengan adanya posbindu ini, masyarakat bisa terjamin dan tetrjaga kesehatannya. Seperti yang diungkapkan oleh Wawako, Dinkes bersama RSUD Palembang BARI akan menjadi yang terdepan untuk mengatasi permasalahan kesehatan di tengah masyarakat.

“Karena itu kami sebagai pembina juga berkomitmen untuk mengajak serta masyarakat untuk aktif dan terlibat dalam kegiatan ini kedepan. Kita harus bersama untuk mewujudkan Palembang yang lebih sehat. Dengan adanya posbindu ini, kami juga berharap ada pelopor dan kader kesehatan di setiap lingkungan di kota Palembang,”tukas Letizia.

(Nn/ hms)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *