Yuk Jelajahi 10 Stasiun Kereta Api Tertinggi Di Indonesia

  • Whatsapp
Menarik melihat 10 stasiun kereta api tertinggi di Indonesia

Jakarta, beritalima.com| – Masyarakat bisa jelajahi 10 stasiun kereta api (KA) tertinggi di Indonesia dengan pesona yang menarik dan menakjubkan.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, dari 10 stasiun tempat tertinggi tersebut, delapan stasiun diantaranya di wilayah Daop 2 Bandung, sedangkan dua lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta dan Daop 4 Semarang.

Berikut sepuluh stasiun tertinggi di Indonesia :

1. Stasiun Nagreg (+848 m). Stasiun terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan beroperasi sejak 1890. Stasiun kelas III ini memiliki tiga jalur, dengan dua jalur aktif. Stasiun Nagreg adalah simbol dari sejarah perkeretaapian di Indonesia dan menjadi tantangan tersendiri bagi operator KA karena gradien curam di sekitarnya.

2. Stasiun Lebak Jero (+818 m). Berada di Kabupaten Bandung, Lebak Jero adalah stasiun kelas III yang hanya disinggahi KA lokal rute Purwakarta-Cibatu. Keindahan alam di sekitar stasiun ini membuatnya menjadi lokasi favorit bagi para railfans.

3. Stasiun Cipeundeuy (+772 m). Dikenal sebagai “stasiun sakti,” Cipeundeuy adalah titik wajib bagi semua KAuntuk pemeriksaan rem sebelum melewati jalur terjal. Hal ini menunjukkan pentingnya keselamatan dalam operasi kereta api. Kami selalu mengutamakan keselamatan penumpang.

4. Stasiun Andir (+750 m). Terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandung, Andir adalah stasiun kecil yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat turun naik penumpang KA Lokal. Meskipun tidak sebesar stasiun lainnya, Andir memiliki akses mudah dan menjadi titik transit bagi banyak penumpang. Keberadaan stasiun ini membantu memudahkan perjalanan masyarakat di kawasan sekitar.

5. Stasiun Cimindi (+736 m). Cimindi terletak di antara Kota Cimahi dan Bandung, sebagai tempat transit trategis. Meskipun merupakan stasiun kecil, Cimindi melayani berbagai kereta lokal dan memiliki komunitas yang aktif. Lingkungan di sekitar stasiun ini cukup ramai, dengan banyak pedagang dan aktivitas masyarakat.

6. Stasiun Cimahi (+723 m). Cimahi merupakan salah satu stasiun penting di kawasannya. Stasiun ini melayani kereta api lokal dan jarak jauh dan memiliki fasilitas cukup lengkap. Suasana di sekitar stasiun ini cenderung hidup, dengan banyaknya pengunjung yang menggunakan jasa kereta api untuk bepergian.

7. Stasiun Bedono (+711 m). Berlokasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Stasiun Bedono memiliki keindahan alam di sekitarnya. Meskipun tidak sebesar stasiun lainnya, Bedono menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Di dekat stasiun ini juga ada jalur unik yang bergerigi.

8. Stasiun Ciroyom (+709 m). Stasiun Ciroyom adalah salah satu stasiun penting di Kota Bandung tempat naik turun kereta lokal. Lingkungan di sekitar stasiun cukup ramai, dengan banyak pedagang dan aktivitas masyarakat. Ciroyom juga memiliki akses alternatif menuju berbagai lokasi di Kota Bandung.

9. Stasiun Cigombong (+699 m). Terletak di Kabupaten Bogor, Stasiun Cigombong menjadi tempat transit bagi kereta lokal dan memiliki suasana yang tenang. Meskipun tidak terlalu ramai, stasiun ini menawarkan pengalaman perjalanan yang nyaman bagi penumpang yang ingin menikmati keindahan alam di sekitarnya.

10. Stasiun Leles (+697 m). Stasiun Leles merupakan stasiun KA kelas III/kecil yang terletak di Desa Kadungora, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan jarak 47,8 km sebelah timur dari Bandung. Stasiun ini memiliki panorama alam yang sangat menawan dengan sudut pandang yang luas dan terbuka; dikelilingi gunung sehingga udaranya sangat sejuk.

 

“Stasiun-stasiun tersebut berada di ketinggian yang cenderung memiliki udara yang lebih sejuk. Di sekitar stasiun juga banyak objek-objek wisata yang dapat dikunjungi seperti air terjun, danau dan wisata alam lainnya,” jelas Anne.

 

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait