14 Kali Raih WTP, Achsanul Qosasih: DPD RI Cetak Rekor Temuan Paling Sedikit

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Achsanul Qosasi memuji laporan dan pengelolaan uang negara di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sukses ini sekaligus menggenapi prestasi menjadi 14 kali berturut-turut meraih predikat WTP.

Itu dikatakan Achasanul ketika diterima Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti ruang pimpinan DPD RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/8).

“Terus terang saya sampaikan, temuan paling sedikit tahun ini adalah di DPD RI dibanding lembaga dan instansi lain. Cuma ada tiga temuan. Itu pun administratif semua. Soal-soal kecil, seperti kelebihan bayar dan lain-lain. Tidak ada yang pidana. Dan itu pun sudah ditindaklanjuti oleh sekjen. Memang kalau Sekjen jebolan depdagri itu pasti mantap kerjanya,” ungkap Achsanul.

Kedatangan pimpinan dan pejabat BPK RI dalam rangka penyerahan tiga buku Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) meliputi Laporan Keuangan berisi Opini BPK dan Laporan Audited DPD RI. LHP sistem pengendalian internal dan LHP kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Ditambahkan anggota Komisi XI DPR RI 2004-2009 itu, BPK juga sedang melakukan pemeriksaan atas penggunaan dana penanggulangan bencana non alam Covid-19, mulai pemeriksaan awal Juli lalu hingga pemeriksaan mendalam pada Agustus ini. BPK siap memberikan hasil tersebut kepada DPD sebagai bahan bagi DPD dalam fungsi pengawasan.

“Terus terang dana Covid-19 sangat besar, Rp 695 trilyun, dan kita semua tahu dana itu bersumber dari penerbitan surat utang. Sehingga harus benar-benar kita jaga. Dan yang paling rawan adalah di sektor bantuan sosial. Terutama dari sisi distribusi. Ini yang mungkin perlu dilakukan pengawasan oleh para Senator di 34 provinsi,” tandas tokoh asal Madura, Jawa Timur tersebut.

Atas penyerahan LHP BPK, Ketua DPD menyampaikan terima kasih, dan berharap ke depan kinerja keuangan DPD RI tetap pada performa yang sekarang telah dicapai. LaNyalla juga siap menerima update pemeriksaan dana Covid-19 sebagai materi bagi para Senator dalam melakukan pengawasan di daerah masing-masing. “Terima kasih, pasti kami gunakan sebagai bahan pengawasan, tentu dengan tujuan agar penggunaan dana tersebut tepat sasaran,” kata dia.

Dalam acara penyerahan LHP itu, selain Achasul juga hadir Auditor Utama III Bambang Pamungkas, Kepala Auditor III Ahmad Adib Susilo dan beberapa pejabat lainnya. Sementara dari DPD RI hadir juga Wakil Ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamudin, Sekjend DPD RI Reydonnyzar Moenek, Deputi Administrasi Adam Bahtiar dan Deputi Persidangan Sefty Ramsiaty. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait