49 Peserta UTBK Unair Gelombang Pertama Reaktif, Dinkes Langsung Swab

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
740 Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bidikmisi gelombang pertama rapid test gratis di puskesmas se-Surabaya. Hasilnya, 49 calon mahasiswa itu reaktif.
Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan 49 peserta yang reaktif langsung dilakukan tes swab di hari yang sama di Gelora Pancasila.

“Langsung saya buatkan rujukan untuk di-test swab. Menggunakan mobil PCR milik BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang saat ini masih keliling di Kota Surabaya, supaya cepat,” kata Feny, panggilan akrabnya.

Sambil menunggu hasil swab keluar, peserta UTBK diisolas di hotel.
“Jadi bisa juga belajar di sana (hotel). Nanti terkait jadwal ujian sudah dijadwalkan kembali oleh pihak kampus tempat tes,” ujarnya.

Diketahui, rapid test gratis itu diperuntukkan hanya untuk warga Surabaya yang tidak mampu dan mengikuti UTBK. Beberapa persyaratan pun harus ditunjukkan ke puskesmas, seperti KIP-K, tercatat sebagai peserta MBR dan identitas diri.

“Jadi dengan melampirkan itu bisa langsung di-rapid test. Untuk hasilnya keluar beberapa jam setelah itu. Jadi langsung bisa diketahui hasilnya,” jelasnya.

Jika nantinya peserta yang memiliki hasil reaktif swabnya negatif, maka bisa langsung keluar dari isolasi di hotel. Sementara itu, bagi mereka yang hasil swabnya confirm akan dilakukan perawatan di Asrama Haji.

“Untuk jadwal tes UTBK, pihak kampus telah memberikan relokasi waktu,” pungkasnya. (yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait