7 Rekomendasi Program Inventaris Barang Terbaik dan Terlengkap  

  • Whatsapp

beritalima.com | Stok barang menjadi salah satu masalah utama yang kerap dihadapi oleh para pelaku usaha. Tak hanya bagi mereka yang sudah menjalankan bisnisnya dalam skala besar, namun juga berlaku bagi para pelaku usaha kecil yang menjual banyak macam produk.

 

Keberadaan stok barang dalam sebuah bisnis harus senantiasa diperhatikan dan dikontrol setiap harinya. Hal ini bertujuan agar ketika suatu produk sudah dalam kondisi stok yang menipis, pelaku usaha dapat segera melakukan re-stock atau pembaruan stok barang terkait. Dengan demikian, ketika terdapat pelanggan yang ingin membeli produk tersebut, mereka tidak akan kecewa dengan stok yang kosong atau sudah habis.

 

Nah, jika dulu pengelolaan stok barang dilakukan dengan cara manual. Kini para pelaku usaha dapat melakukan maintenance stok barang mereka melalui aplikasi atau program inventaris barang secara digital dengan lebih mudah dan minim kesalahan.

 

Apa Itu Program Inventaris Barang?

 

Software inventaris barang atau aplikasi inventaris adalah sebuah program yang dibuat secara khusus untuk membantu memudahkan dalam pengelolaan, pengaturan dan pengawasan hal-hal yang berkaitan dengan pembelian barang dari pemasok, pembelian produk dari pelanggan, pembuatan laporan dengan hasil yang lebih akurat dan otomatis serta memantau stock opname secara berkala dari waktu ke waktu.

 

Program ini dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan para pelaku bisnis dalam memantau stok barang dan inventaris perusahaan mereka sekaligus mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan restock. Biasanya program seperti ini juga dibekali fitur laporan yang lengkap agar lebih mudah dipahami. Contoh laporan yang biasanya ada dalam software inventaris adalah stok barang saat ini, forecasting, slow moving stock dan masih banyak lagi lainnya.

 

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan program inventaris barang untuk bisnis Anda, berikut kami akan memberikan rekomendasi beberapa software stok barang terbaik dengan fitur lengkap yang bisa Anda gunakan.

7 Rekomendasi Program Inventaris Barang Terbaik dan Terlengkap

1. Jurnal by Mekari

 

Jurnal adalah salah satu aplikasi akuntansi yang memiliki fitur lengkap di dalamnya, termasuk fitur manajemen barang atau inventaris di dalamnya.

Program inventaris barang dari Jurnal hadir dengan banyak fitur yang memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Fitur-fitur tersebut meliputi penyimpanan data, stock opname, laporan inventaris barang dan masih banyak lagi yang lain.

 

Lewat program inventaris barang dari Jurnal by Mekari ini, Anda akan lebih mudah dalam mengetahui informasi stok produk secara real-time sehingga dapat segera melakukan restock pada produk yang hampir kehabisan. Anda juga dapat melihat laporan mengenai produk mana saja yang populer atau laku di pasaran sehingga bisa dijadikan patokan untuk melakukan isi ulang stok lebih banyak di masa mendatang.

 

Keunggulan dari program inventaris dari Jurnal ini adalah Anda dapat mengaksesnya dari mana saja karena berbasis web online. Di mana stok barang yang Anda lihat merupakan data secara realtime sehingga lebih memudahkan Anda untuk melakukan pemantauan meskipun sedang berada di luar kota atau di luar daerah bisnis Anda.

 

Selain itu, karena bentuknya yang berbasis website online ini, Anda tak perlu repot-repot melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu untuk menggunakannya. Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari Jurnal by Mekari dan melakukan login bagi yang sudah memiliki akunnya.

 

Sedangkan bagi Anda yang belum pernah menggunakan software dari Jurnal by Mekari, Anda bisa mendapatkan Free Trial selama 14 hari ke depan dengan mengisi data diri seperti Nama, Nomor Hp, Alamat Email dan lain sebagainya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

 

2. Stockpile

 

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi inventaris barang yang bebas biaya langganan alias gratis, Stockpile bisa dijadikan pilihan untuk memulainya. Tak jauh beda dengan Jurnal by Mekari yang memiliki banyak fitur lengkap dalam aspek inventaris barang, Stockpile juga menyajikan serangkaian fitur yang bisa Anda nikmati khususnya bagi para pelaku usaha kecil maupun usaha rumahan.

 

Fitur dalam aplikasi ini meliputi penambahan inventaris barang, penerimaan pengembalian, mencatat penjualan, mengontrol stok barang yang rusak, stock opname, memantau item yang sudah terjual hingga yang sudah dikemas sekali pun.

 

Menggunakan aplikasi dari Stockpile ini, memungkinkan Anda menghemat lebih banyak pengeluaran dalam bisnis sebab Anda tak perlu berlangganan. Selain itu, Stockpile juga dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus tanpa batasan, item yang bisa ditambahkan dalam aplikasi pun juga tak terbatas.

 

3. Stock and Inventory Management System

 

Berikutnya ada Stock and Inventory Management System yang merupakan aplikasi keluaran Magnetic Lab.

 

Jika kedua aplikasi yang telah kami sebutkan sebelumnya hanya dapat diakses melalui website secara online, Stock and Inventory Management System ini bisa Anda akses melalui aplikasi Android maupun iOS di gadget yang Anda gunakan.

 

Karena berbasis aplikasi dalam ponsel pintar, perangkat lunak yang satu ini hadir dengan tampilan yang lebih ringkas dan mudah untuk dipahami. Terutama bagi Anda yang mungkin agak awam terhadap pengelolaan stok barang maupun inventaris produk dalam bisnis.

 

Keunggulan dari Stock and Inventory Management System ini adalah dapat diunduh dan digunakan secara GRATIS. Sehingga sangat cocok digunakan bagi para pelaku bisnis rumahan atau yang masih berskala kecil.

 

Fitur yang ditawarkan sebenarnya juga cukup lengkap untuk mengcover kebutuhan operasional bisnis kecil yang meliputi penambahan dan penghapusan produk, pengelolaan stok barang, penyediaan QR untuk memindai kode produk, laporan yang ringkas dalam diagram lingkaran, fitur backup dan restore untuk seluruh data stok, ekspor laporan ke dalam bentuk Excel maupun PDF.

 

4. Netsuite Inventory Management

 

Selanjutnya NetSuite yang merupakan produk dari perusahaan teknologi dan perangkat lunak multinasional yang berkantor pusat di California, Oracle Corporation.

 

Secara sederhana, NetSuite Inventory Management adalah perangkat lunak berbasis cloud yang berfokus pada pengoptimalan stok, manufaktur serta penjualan. Perangkat ini dapat cocok digunakan untuk semua pelaku bisnis dari berbagai macam ukuran, baik kecil, menengah atau yang sudah berskala besar sekali pun.

 

Sama seperti software yang lain, NetSuite juga menawarkan berbagai macam keunggulan dan kekurangan dari perangkatnya. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh NetSuite Inventory Management meliputi fitur-fiturnya yang lengkap dan tampilannya yang ramah pengguna.

 

Sayangnya, aplikasi ini dibandrol dengan biaya langganan yang cukup mahal. Mereka memberlakukan biaya langganan sesuai dengan fitur yang ingin digunakan, jumlah pengguna, dan minimal berlangganan selama 1 tahun ke depan. Namun sebelum itu, Anda bisa mendapatkan free tour product untuk mengetahui apakah perangkat ini sesuai dengan yang dibutuhkan bisnis Anda.

 

5. Zoho Inventory

 

Tak mau kalah, Zoho, perusahaan penyedia aplikasi secara online ini juga memiliki beragam produk akuntansi yang sangat berguna bagi kelangsungan sebuah bisnis. Termasuk salah satu di antaranya adalah Zoho Inventory yang dapat digunakan untuk mengelola stok barang, mengontrol inventaris bisnis, hingga pemenuhan pesanan pelanggan.

 

Yang menarik, Zoho Inventory hadir dengan setidaknya 1 paket gratis dan 4 paket berlangganan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Masing-masing paket tersebut memiliki kelebihan yang terletak pada setiap fitur yang akan Anda gunakan.

 

Sebagai contoh, paket langganan gratis yang ditawarkan oleh Zoho Inventory hanya dapat mencatat 50 pesanan tiap bulannya, mengontrol pemantauan 1 gudang dan hanya dapat digunakan oleh 2 pengguna saja. Sedangkan untuk paket berlangganan yang lain bisa digunakan untuk mencatat ribuan pesanan bahkan hingga tak terbatas sekali pun.

 

Sayangnya, biaya berlangganan Zoho Inventory ini terbilang cukup mahal. Untuk langganan berbayar kategori Standard saja Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 850 ribu/bulan. Namun demikian, harga tersebut sebanding dengan fitur dan layanan yang bisa Anda dapatkan dalam program inventarisnya.

 

6. Deskera Books

 

Program inventaris barang selanjutnya yang bisa Anda coba gunakan adalah Deskera Books. Perangkat ini hadir dengan balutan fitur di luar manajemen inventaris seperti pembuatan invoice secara online, melacak pengeluaran, laporan keuangan bisnis secara real-time dan masih banyak lagi lainnya.

 

Sama halnya seperti Zoho Inventory, Deskera Books juga memiliki paket berlangganan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau usaha yang tengah Anda jalankan. Setidaknya ada 3 paket berbayar yang bisa Anda pilih meliputi skala Startup, Essential dan Professional dengan biaya langganan mulai dari Rp 220 ribu/bulan.

 

Bagi Anda yang tertarik namun masih belum yakin, tak perlu khawatir, Deskera Books juga memberikan akses uji coba secara gratis selama 15 hari ke depan. Lewat percobaan gratis tersebut, Anda bisa memastikan apakah perangkat ini yang Anda cari dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

7. Inventory Now

 

Aplikasi inventaris barang terakhir yang kami rekomendasikan adalah Inventory Now. Secara sederhana, aplikasi ini memiliki fungsi dasar untuk melakukan pencatatan inventaris barang dengan berbagai macam kategori, sub kategori dan lokasi.

 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah scan barcode yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah input data barang. Sehingga Anda tak perlu menambahkannya secara manual.

 

Selain itu, data yang tercatat dalam perangkat ini juga dapat diimpor maupun diekspor ke dalam bentuk spreadsheet. Anda juga bisa mengelompokkan masing-masing barang berdasarkan kategorinya agar terlihat lebih rapi dan terstruktur.

 

Inventory Now dapat digunakan secara gratis dengan fitur yang terbatas maupun berbayar tiap bulannya. Penggunaan secara personal, profesional maupun untuk kegiatan usaha tentu memiliki perbedaan, sehingga Anda bisa menyelesaikannya dengan preferensi kebutuhan. Untuk biaya berlangganannya sendiri dibandrol mulai dari $7 atau sekitar Rp Rp 100 ribu/bulan.

 

Sayangnya, aplikasi ini hanya hadir di iOS dan belum memiliki versi Android-nya, sehingga bagi Anda para pengguna ponsel Android harus mengubur keinginan Anda untuk menggunakan perangkat ini.

Kesimpulan

 

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi program inventaris barang yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan baik personal, bisnis kecil atau usaha rumahan, organisasi hingga perusahaan yang sudah berskala besar sekali pun.

 

Masing-masing software tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan budget yang ingin Anda keluarkan. Tidak perlu langsung mengeluarkan biaya untuk berlangganan pada satu aplikasi, Anda bisa menggunakan layanan free trial yang mereka sediakan terlebih dahulu.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait