8 Ciri-ciri Kucing Hamil, Kamu Harus Tahu!

  • Whatsapp

Merawat kucing memang tidak mudah, apalagi ketika ia sedang hamil. Biasanya, siklus kehamilan kucing akan berlangsung dari 64 hingga 66 hari. Jangan panik, kamu bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri kucing hamil agar mudah merawatnya.

Selama hamil, kucing akan mengalami perubahan fisik dan psikis, sama seperti wanita yang sedang mengandung pada umumnya. Beberapa perubahannyapun hampir sama seperti manusia.

  1. Puting susu membesar

Setelah melahirkan, kucing juga akan menyusui anak-anaknya. Karena itu, salah satu ciri-ciri kucing hamil yang akan terlihat adalah terjadi perubahan pada puting susunya. Setelah masa kehamilan sudah menginjak 15-18 hari, puting susu akan membesar.

Selain itu, warna puting juga akan berubah menjadi lebih cerah dan berwarna merah muda. Perubahan ini tidak selamanya menandakan bahwa kucing sedang hamil. Namun, jika kucing kamu sudah mengalami perubahan fisik dan perilaku lainnya yang menandakan kehamilan, segera bawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan lanjutan.

 

  1. Siklus birahi berhenti

Selama hamil, siklus birahi kucing betina akan berhenti. Biasanya, kucing memiliki siklus birahi dari 10 hari hingga dua minggu. Jika siklus birahinya tiba-tiba berhenti, kemungkinan kucing sedang hamil.

 

  1. Perut membesar dan berat bertambah

Ciri-ciri kucing hamil yang paling terlihat adalah membesarnya perut karena terdapat janin didalamnya. Perut akan tampak membesar jika kehamilan sudah menginjak minggu kelima. Menuju masa persalinan, perut kucing akan terus membesar.

Bersamaan dengan membesarnya perut selama kehamilan, berat tubuh juga akan bertambah sekitar satu hingga dua kilogram.

 

  1. Kucing sering muntah

Jika wanita hamil mengalami morning sickness, kucing juga mengalaminya. Kucing betina yang sedang hamil akan lebih sering muntah dan itu merupakan hal wajar selama masa kehamilannya. Namun, apabila muntah kucing sudah semakin sering dan tidak terkendali, segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi gejala tersebut akibat dari penyakit lainnya dan bukan tanda dari kehamilan.

 

  1. Kucing menjadi lebih manja dan cari perhatian

Jika kamu menyadari bahwa kucing lama kelamaan semakin sering cari perhatian dan manja, mungkin itu salah satu tanda ia sedang hamil. Maka, selama masa kehamilannya, berikan kasih sayang yang lebih banyak dari biasanya demi kenyamanan selama hamil hingga melahirkan.

 

  1. Pola tidur berubah

Pola tidur kucing juga akan berubah selama hamil. Waktu tidur akan meningkat dan lebih lama dari biasanya. Hal itu terjadi karena kucing akan lebih mudah merasa lelah selama hamil. Bertambahnya berat badan selama hamil akan memengaruhi pergerakannya dan membuat kucing lebih mudah lelah.

 

  1. Menjadi lebih agresif

Selama masa kehamilan hingga melahirkan, kucing akan mulai mencari tempat nyaman untuknya. Bersamaan dengan itu, ia akan tampak lebih agresif dari biasanya, apalagi jika merasa tempatnya sedang terancam atau diganggu. Jadi, jangan panik kalau tiba-tiba kucing kamu berubah lebih sensitif dari biasanya.

 

  1. Nafsu makan meningkat

Karena terdapat janin di dalam perutnya, nafsu makan tentu akan meningkat. Selama hamil, untuk menjaga kesehatan tubuhnya, berikan makanan dengan kalori ekstra. Biasanya, peningkatan akan terjadi sekitar 1,5 kali lipat dari makanan biasanya dan kamu hanya perlu mempersiapkan stok makanan tambahan untuk mendukung perubahannya tersebut.

Delapan ciri-ciri kucing hamil tersebut akan terlihat saat anabul kamu sedang mengandung janinnya. Jadi, jika sudah melihat beberapa cirinya, kamu bisa langsung membawanya ke dokter untuk mengetahui bagaimana cara merawat kucing hamil dengan benar agar sehat hingga persalinan.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait