Aceh Akan Jadi Pusat Pembibitan Jernang Yang Baik

  • Whatsapp

ACEH, beritalima.com-Warga Aceh Barat melakukan studi banding pembibitan tanaman jernang ke CV Guna Makmu di Desa Alue Sijuek Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, Hal ini dikatakan oleh kepala Desa Karang Hampa Lambalek Arongan Kabupaten Aceh Barat Muhammad Saman, Rabu:24-06-2020.

Menurutnya di Desa kami memang sudah ada tanaman jernang, namun mereka belum tau bagaimana cara yang baik membudidayakan jernang tersebut agar menjadi jernang super( dragon blood ) sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

“Meski di tengah pademi covid 19, warga Desa karang hampa Kecamatan Arongan Lam Balek Kabupaten Aceh Barat TETAP melakukan sudi banding yang di ikuti dari perangkat Desa pengurus BUMG dan unsur muspika Kecamatan setempat, mereka sangat antusias melakukan studi banding terhadap cara pembibitan pohon jernang.

“Sudi banding tersebut dilakukan ke Desa Alue Sijuek tempat pembibitan tanaman jernang guna mempelajari tatacara memelihara jernang dan cara untuk menghasilkan biji jernang super atau dragon blood seperti yang ada di lokasi pembibitan ini, katanya.

Jamaluddin, selaku pemilik penangkaran bibit jernang menceritakan tatacara pembibitan jernang yang baik dan bisa menghasilkan dan bisa membedakan bibit jernang dengan bibit rotan serta tatacara bagaimana melakukan perawatan serta membudidayakan bibit jernang di Desa mereka agar bisa menjadi baik sehingga menambah pendapatan Masyarakat di sana.

Dia menambahkan, Kegiatan studi banding warga Aceh Barat sangat tepat dan bisa kita terima dengan baik, kita juga membagikan ilmu bagai mana cara menanam jernang yang baik.

“Mereka datang kesini ikut di dampingi oleh Kapolsek Peudada, Anggota Koramil Peudada dan pihak Muspika Kecamatan Peudada, untuk proses studing banding hari ini mengedepankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat terjadi interasi di lokasi pembibitan pohon jernang,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait