Ada Surabaya Vaganza, Pelanggan KA Diimbau Atur Waktu Keberangkatan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730, Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar Surabaya Vaganza atau Parade Bunga dan Budaya, Minggu (26/05/2024), pukul 13.00-17.00 WIB, dengan Start Tugu Pahlawan dan Finish di Alun-Alun Balai Pemuda.

Terkait adanya kegiatan tersebut, KAI Daop 8 Surabaya mengimbau calon penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi maupun Stasiun Surabaya Gubeng untuk datang lebih awal ke stasiun guna mengantisipasi penutupan jalan, kemacetan, maupun pengalihan arus lalu lintas.

Parade Bunga dan Budaya tersebut direncanakan akan melewati Jalan Pahlawan, Jalan Tunjungan, dan berakhir di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di Alun-Alun Balai Pemuda.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengingatkan, kegiatan tersebut dipastikan akan terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas di sekitar sepanjang rute acara.

Karena itu, bagi masyarakat yang besok hendak berpergian dengan menggunakan kereta api (KA) khususnya yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi maupun Stasiun Surabaya Gubeng, diimbau untuk mengatur waktu keberangkatan agar tetap bisa berangkat naik KA sesuai jadwal yang tertera di tiket.

“Meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi maupun Stasiun Surabaya Gubeng, namun operasional KA tetap berjalan normal sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka),” kata Luqman, Sabtu (25/05/2024).

“Untuk itu, kami mengimbau pada seluruh calon penumpang KA besok agar mengatur waktu perjalanannya menuju stasiun supaya tidak ketinggalan kereta,” lanjutnya.

Lain dari itu, dalam kesempatan ini Luqman juga menyampaikan update jumlah penumpang KA Jarak Jauh di wilayah Daop 8 pada masa libur cuti bersama memperingati Hari Raya Waisak, dari Rabu sampai Sabtu (22-25/05/2025), yang tercatat sejumlah 73.728 pelanggan.

Secara rinci disebutkan, pada 22 Mei tercatat 20.653 pelanggan, 23 Mei sebanyak 21.250 pelanggan, 24 Mei sejulah 16.589 pelanggan, dan 25 Mei ada 15.236 pelanggan. Dan untuk pelanggan yang berangkat besok, 26 Mei, berdasarkan pemesanan tiket hingga Sabtu (25/05) siang tercatat 15.733 pelanggan, sehingga total 89.461 pelanggan.

“Namun volume pelanggan tersebut masih terus akan bertambah karena penjualan tiket masih terus berlangsung,” tambah Luqman.

Disampaikan, masyarakat dapat mengecek ketersediaan tiket KA dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Pada masa libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Waisak ini KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 27.226 tempat duduk setiap hari. Jumlah kapasitas ini mencakup 47 KA jarak jauh yang terdiri dari 43 KA jarak jauh reguler, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan. (Gan)

Teks Foto: Situasi Stasiun Surabaya Gubeng. Bagi yang mau naik KA besok, Minggu (26/05/2024), terkait adanya Parade Bunga, diimbau ke stasiun lebih awal.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait