Angkat Potensi Bahari dan Budaya : Sabang Marine Festival Resmi Dibuka

  • Whatsapp

Beritalima.com《 Kota Sabang-Pj Wali kota Sabang Reza Fahlevi membuka secara resmi Festival Bahari Sabang 2023 dengan memukul gendang rapai bersama Illiza Sa’aduddin Jamal, anggota Komisi X DPR RI, dan tamu undangan lainnya di Tugu Menara Merah Putih. Jumat (17/3) siang.

“Gateway to Indonesia’s Maritime Wealth”, event bahari terbesar di Aceh ini diawali dengan parade budaya dan parade bahari, serta tarian kolosal Tuah Bak Jaroe Panglima yang menjadi icon SMF23.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi, memaparkan sejarah Kota Sabang dari zaman Yunani, melalui kolonialisme, hingga saat ini, dimana daya tarik luar biasa Sabang berasal dari kekayaan baharinya.

“Berdasarkan hal tersebut, kami masyarakat Sabang atas prakarsa BPKS mengadakan acara ini untuk yang kelima kalinya. Alhamdulillah tahun ini SMF masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara,” ujar Pj Walikota Sabang.

Dikemas dengan gambaran aktivitas bahari, Sabang Marine Festival 2023 juga menggabungkan keragaman budaya Kota Sabang. Acara tahunan kelima ini berlangsung selama tiga hari dan dipusatkan di sekitar Tugu Menara Merah Putih dan Pelabuhan Teluk Sabang.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya Sabang Marine Festival 2023 seperti BPKS, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, University of York, Penyelenggara Yacht Rally, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh, PT. Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia Cabang Sabang, dan Yayasan Geutanyo, serta seluruh tim kreatif yang telah terlibat dari awal hingga acara penutupan.

Reza Fahlevi berharap kehadiran SMF23 dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke pulau paling barat Indonesia ini sambil menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya Aceh di Sabang yang begitu menawan.

“Dengan begitu, akan berdampak positif bagi masyarakat Sabang dan juga turut mempromosikan Sabang sebagai pintu gerbang kekayaan bahari Indonesia,” imbuhnya.

Sejalan dengan pembukaan Sabang Marine Festival 2023, Pj Walikota Sabang juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan wisatawan yang berkunjung untuk mencintai dan bangga dengan produk dalam negeri, khususnya yang ada di Sabang.

“Kita harus mencintai produk Indonesia, apalagi di sini di Sabang yang produk UMKM-nya ada. Ayo belanja, seperti yang disampaikan Pak Sandiaga Uno, jangan hanya etalase, tapi mari menjadi rojali, kelompok yang membeli,” pungkasnya.,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait