Ayo ke Pamekasan!! Sekarang Ada Sentra Batik Tulis Baru Diresmikan Bupati Maz Tamam

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com|Yakin nech tidak mau berkunjung ke Pamekasan, yang sekarang ada sentra batik tulis khas asli orang Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Sentra batik ini sekarang berpusat di Desa Klampar Kecamatan Proppo, senin (14/3/2022) pagi. Baru saja diresmikan langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama jajaran pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

Bacaan Lainnya

Orang nomor satu di Pamekasan tersebut didampingi Sekretaris Daerah, Totok Hartono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Achmad Sjaifuddin, dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, serta kepala desa dan jajaran perangkat Desa Klampar.

Menurut Bupati, sentra batik yang lokasinya berada di desa menjadi semangat tersendiri untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat, dan perajin batik secara khusus agar mampu bersaing dengan batik lain dari luar daerah.

“Mau masuk (lokasi sentra batik, red) atau tidak masuk yang penting semangatnya itu menghidupkan tempat ini. Karena tuahnya ada di dalam, maju atau tidak maju ada di dalam, yang penting nanti majunya kelihatan keluar,” kata bupati saat memberikan sambutan dalam acara peresmian tersebut.

Bupati dengan sederet prestasi ini meminta semua pihak bergandengan tangan memajukan sentra batik di Desa Klampar, salah satunya dengan cara mempromosikan batik tulis Pamekasan secara masif. Utamanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi kewenangan mengelola sentra tersebut.

Sentra batik merupakan tempat menjual batik, dan tempat proses pembuatan batik tulis yang dilakukan oleh perajin. Tidak hanya baju batik, tetapi di tempat itu juga tersedia songkok batik, selendang batik, sarung batik, dan sepatu batik yang dipersiapkan untuk para pengunjung.

“Ayo kita bareng-bareng, tetapi tugas utama yang mengemban amanah ini adalah BUMDes, saya bersama pemerintah kabupaten akan ikut di belakang BUMDes. Ini sudah menjadi hak milik Desa Klampar, ini satu-satunya di Pamekasan, betapapun pembangunannya panjang,” tandasnya.

Dia menceritakan, sentra batik tulis itu dibangun sebelum dirinya memimpin Pamekasan, namun keberadaannya tidak berfungsi. Makanya, di awal pemerintahannya, dirinya bersama jajaran pejabat mengecek langsung kondisi bangunan agar ada perputaran uang dari adanya bangunan megah dengan anggaran yang tidak sedikit tersebut.

“Ini pembangunannya kalau tidak salah tahun 2017, kalau pembangunan ini menghabiskan anggaran Rp 5 miliar, sudah berapa uang yang berputar di sini (kalau seandainya dioperasikan), tanyakan kepada hati nurani kita masing-masing. Fungsi atau tidak berfungsi itu apabila ada perputaran uang di sini,” ungkapnya.

Dia mengaku, batik tulis Pamekasan sejauh ini masih kalah tenar dengan batik luar daerah, seperti batik Pekalongan, batik Yogyakarta, dan batik Solo. Oleh karena itu, tugas besar yang harus dilakukan adalah membentuk top of mind tentang batik tulis Pamekasan.

“Kalau itu yang kita lakukan, berarti strateginya ada tiga. Pertama bagaimana batik Pamekasan ini dikenal, ketika menyebut batik, ya Pamekasan. Maka perlu ikhtiar yang luar biasa. Promosi luar biasa harus kita lakukan,” jelasnya.

Kedua, menjaga konsistensi atas batik tulis tersebut, dan yang ketiga adalah tempat dan barangnya tersedia. Sehingga, orang luar daerah yang hendak membeli langsung ke tempat atau sentra batik tidak kecewa lantaran batik Pamekasan benar-benar tersedia.

“Maka tiga elemen ini, promosi yang konsisten dan barangnya ada, ini perlu terus kita lakukan. Dan ini bisa kita lakukan asal kita bergandengan tangan antar seluruh elemen, BUMDes, pak Kades, seluruh teman-teman kades yang punya batik, pemkab, tokoh masyarakat, semangatnya menjadikan sentra batik ini tidak milik kades, tetapi milik semua perajin batik Pamekasan,” ucap dia.

Dia bersyukur ekonomi kreatif di daerahnya mengalami kenaikan hingga tujuh persen pada tahun 2021. Mulai kerajinan tangan, makanan ringan, dan ekonomi kreatif lainnya yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Saya dan kita semua tentu berharap, dengan adanya sentra batik ini bisa meningkatkan ekonomi para perajin batik di Pamekasan. Ayo bergandengan tangan memajukan batik tulis Pamekasan,” tutupnya(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait