Bakamla RI – Unhan RI Kolaborasi Perkuat Keamanan Maritim

  • Whatsapp

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama dengan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sepakat memperkuat potensi Keamanan Maritim. Hal ini tercatat dalam salah satu kejadian bersejarah, yaitu ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Bakamla RI dengan Unhan RI.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD. Berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (29/9/2021).

Kesepakatan ini mengacu pada nilai luhur untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan potensi kemaritiman nasional. Lebih spesifik lagi, kerja sama ini juga mengedepankan pengembangan keamanan maritim yang menjadi domain tugas Bakamla RI sebagai lembaga penegak hukum.

Di sisi lain, hal ini juga sejalan dengan misi Unhan RI untuk senantiasa mengembangkan ilmu pertahanan. Sehingga secara nyata dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, khususnya dalam konteks kemaritiman.

Tantangan tugas di lingkungan maritim semakin dinamis, terutama bila memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis di kawasan saat ini. Jika tidak segera ditanggapi, tantangan tersebut berpotensi menciptakan instabilitas dan membawa resiko pada keamanan nasional.

“Oleh sebab itu, perlu adanya kebijakan dan strategi keamanan nasional yang mampu menjawab setiap ancaman di Indonesia”, ucap Laksdya TNI Aan Kurnia dalam sambutannya.

“Kebijakan dan strategi yang holistik hanya dapat dihasilkan dari sinergi pihak terkait, khususnya dalam lingkup akademisi dan praktisi yang saling memberi kontribusi secara rekursif”, lanjutnya.

Diharapkan dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, dapat menghasilkan kebijakan dan strategi pertahanan yang kuat dan fleksibel dalam lingkup keamanan maritim.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerja Sama antara Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, M.M., dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI Mardekal Muda TNI Dr. Syamsunasir, S.Sos., M.M., C.Fr.A.

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Unhan RI, seperti Warek III Bid. Kerjasama dan Kelembagaan Laksda TNI Dr. Ir. Suhirwan, S.T., M.MT., M.Tr.Opsla., CIQnR., CIQaR., IPU., Karo Akademik Dan Kemahasiswaan Laksma TNI Dr. Ir. I Nengah Putra Apriyanto, ST., M.Si (Han)., CIQaR., IPU., Kabag Kerjasama Biro AK Kolonel Lek Rujito D. Asmoro, GDipl in DS, M.A.RCDS., CPHCM., serta jajaran pejabat tinggi Bakamla RI yakni Deputi Jakstra Laksda Bakamla Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han), Direktur Kerja sama Laksmana Bakamla Sandy M Latef, Kepala Biro Umum Bakamla Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E., dan Kepala UPH Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.I.K., M.Si., M.H.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait