Balai Bahasa Provinsi Papua Sosialisasikan UKBI Bagi Guru dan Dinas Pendidikan

  • Whatsapp

Jayapura – Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Balai Bahasa Provinsi Papua, menggelar Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi Pemangku Kepentingan Regional Papua. Rabu (22/2/2023).

Kegiatan yang diikuti sekitar 20 peserta ini, diselenggarakan di Abepura Kota Jayapura, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dari 8 Kabupaten/Kota di Papua, Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya, mulai hari ini hingga Jumat (24/2/2023) mendatang.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua, Dr. Sukardi Hau, M.Hum kepada awak media mengatakan jika, UKBI penting dilakukan bagi semua pihak, selain lingkup pendidikan, juga penting bagi wartawan, Perbankkan dan sektor lainnya yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

“UKBI ini adalah alat uji standar untuk menguji kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, sama dengan TOEFL dalam uji kemahiran Berbahasa Inggris, jadi sebetulnya bukan hanya guru dan siswanya, namun wartawan juga bisa melakukan uji ini untuk mengasah kemahiran berbahasa Indonesia, termasuk Perbankkan dan sektor-sektor lain juga butuh UKBI,”kata Sukardi.

Menurutnya, UKBI sangat penting dilakukan dan bermanfaat bagi semua kalangan, karena menurutnya, Bahasa adalah sarana komunikasi dan ilmu pengetahuan. Sehingga penguasaan bahasa yang baik, tentu berakibat positif.

Tujuan kegiatan sosialisasi yang dilakukan adalah untuk memperkenalkan UKBI pada Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, termasuk guru maupun murid agar mahir berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Dengan sosialisasi yang kita lakukan tujuannya untuk memperkenalkan UKBI kepada Dinas Pendidikan dan harapannya kedepan bersama-sama denga Balai Bahasa menggiatkan UKBI ini kepada jajaranya, dalam hal ini guru-guru dan murid,”ucapnya.

“Kemampuan berbahasa adalah cerminan diri kita yang bisa diasah terus sehingga mahir dan bagi anak-anak kita nantinya menjadi anak yang cerdas dan cakap dalam mengarungi hidup dan kehidupannya,”sambungnya.

Sementara, Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Achmad Djalali dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Papua.

“Kami Pemerintah Provinsi Papua sangat mendukung UKBI ini, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersaru bangsa, sehingga jika kita tidak mengenal bahasa kita ini dengan baik, maka bisa saja lama-kelamaan akan punah. Sehingga langkah Balai Bahasa ini sangat baik untuk mensosialisasikan UKBI ini kepada guru-guru dan murid sekolah,”ucap Achmad.

Dirinya berharap, nantinya anak-anak sekolah baik SD, SMP maupun SMA sederajat bisa lulus sekolah dan mahir berbahasa Indonesia. Jadi tidak asal ngomong saja, namun juga mengetahui artinya,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait