Banjir Membuat Sengsara Semua Orang

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Belakangan ini cuaca ekstrem tak menentu, hujan terus seharian menyebabkan banjir dimana mana yakni Jakarta,
Belawan , Kalimantan Barat, Flores ,majemu dan lainnya membuat kita cemas menghadapi banjir mau Banyak pekerjaan yang terpaksa harus tertunda, sekolah yang diliburkan, dan berbagai kegiatan lain yang tidak bisa dilakukan. Jika luapan air bah tersebut tidak kunjung surut, maka akan semakin banyak kerugian yang dialami masyarakat terdampak.kita keluar kerjapun susah,mau beli makan untuk masakanoun terhalangi membuat kita jengkel semuanya.
Banjir menjadi bencana alam yang sulit dihindarkan. Di setiap musim hujan, beberapa wilayah di Indonesia harus merasakan bencana alam ini.Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air meningkat.Menurut penjelasan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, banjir merupakan peristiwa atau keadaan ketika daerah atau daratan terendam akibat volume air meningkat.
Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti “air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu..

Bencana banjir adalah kerugian yang terjadi karena aliran air berlebih dan merendam satu daratan. Ada berbagai dampak bencana banjir yang bisa menimpa setiap keluarga. Apa saja dampak tersebut? Berikut 5 di antaranya yang perlu diketahui!
AKIBAT BANJIR MENIMBULKAN :
1. Masalah Kesehatan
2. Kerugian Ekonomi
3. Sulitnya Air Bersih
4. Aktivitas Warga Terhambat
5. Muncul Korban Jiwa

Faktor Penyebab Banjir
Ada banyak faktor yang menyebabkan bencana alam ini selalu muncul di setiap tahunnya. Mengutip dari buku “Banjir & Kebakaran Bencana Klasik di Kota Besar”, berikut ini beberapa penyebab banjir yang sering melanda kota besar.
1. Penataan pembangunan yang mengabaikan keseimbangan alam
2. Dataran kota rendah
3. Curah hujan tinggi
4. Banyak sampah berserakan

Tak berbeda jauh dari penjelasan di atas, dalam JAI Vol.7 No. 2, 2014 beberapa hal yang menjadi penyebab banjir antara lain:
1. Pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan.
2. Minimnya pola hidup bersih di masyarakat.
3. Tidak ada perencanaan dan pemeliharaan drainase yang baik.
4. Tidak ada konsistensi pihak yang berwenang terkait upaya mengatasi banjir.
5. Tidak ada upaya konservasi faktor penyeimbang lingkungan air.
6. Adanya penurunan permukaan tanah.
7. Curah hujan tinggi.
8. Risiko Hujan Ekstrem.

DAMPAK BANJIR
1. Kematian
2. Menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana umum
3. Kerugian materi
4. Dapat memicu penyakit menular
5. Akses air bersih sulit
6. Melumpuhkan aktivitas masyarakat
Cara Mencegah Banjir

Data BNPB mengatakan ada 155 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Agustus, Mayoritas Banjir,oleh sebab itu harus :
1. Menerapkan pembangunan berwawasan lingkungan
2. Menerapkan pola hidup bersih
3. Menerapkan konsep water front village
4. Menerapkan konsep one river one manageme
5. Membuat daerah resapan
Sebab itu banjir adalah satu peristiwa yang cukup menyusahkan dalam kehidupan sehati hari ,jangan sdmbarangan buang sampah dan penerbangan pohon dan serta irigasi yang harus lancar tidak menyebabkan penyumbatan tinggi, semoga kita hidup dengan kondisi tenang tanpa pengaruhi alamiah banjir,
RobertoNews1116《8.11.21(07.16)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait