Batang Pisang Dijual Mahal di Amerika Ini Khasiatnya

  • Whatsapp

Baru-baru ini beredar sebuah foto batang pisang yang dibungkus dalam plastik kemasan dan dijual di Amerika. Yang mengejutkan, harga batang pisang tersebut tergolong mahal. Padahal di Indonesia, batang pisang mudah ditemui dan bahkan tak jarang dibuang karena tidak bermanfaat. Tidak banyak yang tahu, namun ternyata batang pisang dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang enak. Batang pisang juga menyimpan banyak manfaat di dalamnya. Apa saja?
1. Gedebog pisang

Dilansir dari DetikFood, batang pisang biasa dikenal dengan sebutan gedebog pisang. Istilah ini umum digunakan di Jawa. Pohon pisang memang dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya, dari daun, jantung, buah hingga batang pisang. Namun, di Indonesia sendiri, batang pisang jarang dijual di pasar ataupun supermarket. Umumnya, batang pisang dimanfaatkan untuk mainan anak-anak, atau untuk properti wayang sebagai sarana menancapkan wayang. Tak jarang, batang pisang juga diolah menjadi makanan ternak ataupun pupuk.

2. Dijual di Amerika

Batang pisang jarang ditemui di pasar, sebab batang pisang tidak memiliki nilai layak jual. Namun, yang cukup mengagetkan, di salah satu pasar Amerika, batang pisang ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Pada foto yang beredar, terlihat batang pisang dipotong secara horizontal dan dikemas dalam stereofoam yang ditutupi plastik bening. Batang pisang tersebut dibanderol dengan harga USD 5,95 atau setara dengan Rp85.000, untuk satu potongan batang pisang. Tentulah harga tersebut terbilang mahal, sebab di Indonesia, batang pisang dianggap tidak bernilai dan cenderung dibuang.

3. Kandungan batang pisang

Salah satu alasan pasar Amerika menjual batang pisang adalah banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan. Batang pisang ternyata mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C, yang bagus untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, ada pula kandungan tanin, gula, zat tepung dan kalium yang bagus untuk kesehatan.

www.beritalima.com

Batang atau gedebog pisang juga memiliki banyak serat layaknya sayuran hijau. Sehingga mengonsumsi batang pisang dapat memperlancar pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh. Dalam salah satu penelitian, kandungan dalam batang pisang juga dapat mengontrol tekanan darah, kolesterol hingga gula dalam darah.

4. Olahan batang pisang

Jika ditanya apakah batang pisang dapat diolah menjadi makanan yang enak, jawabannya adalah bisa. Tengok sayur Ares dari Lombok. Sayur Ares atau Jukut Ares ini mengolah batang pisang dengan santan dan cabai rawit, menghadirkan sayuran dengan rasa pedas dan gurih. Selain itu, dari tanah Toraja dikenal dengan Pa Piong Bura. Yaitu olahan ayam dengan campuran batang pisang di dalamnya. Ada pula rujak batang pisang yang selalu dihadirkan ketika ada acara adat di Toraja.

5. Dijadikan jus

Batang pisang juga dapat diolah menjadi jus segar seperti sayuran dan buah. Cara membuatnya cukup mudah, batang pisang dipotong menjadi dadu lalu ditambahkan air dan sayuran lain, kemudian di-blender atau dihaluskan. Moms bisa menambahkan madu atau buah-buahan lain sesuai selera. Uniknya, jus batang pisang ini ternyata menyimpan manfaat bagi kesehatan. Pakar gizi menyebutkan, meminum jus batang pisang dapat mengobati penyakit diabetes dan mengatur kadar insulin dalam darah.

Wah, ternyata batang pisang menyimpan banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan, ya! Gedebog pisang juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan jus yang segar. Tertarik mencobanya, Moms?

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait