Beberapa Kondisi Medis Yang Bisa Jadi Penyebab Kentut Bau Busuk

  • Whatsapp

Proses alami tubuh mahluk hidup dalam membuang gas yang ada pada tubuhnya dari sistem pencernaan akan menimbulkan kentut. Kondisi kentut yang mempunyai aroma yang sangat tidak sedap. kondisi Kentut memiliki bau busuk merupakan kondisi yang normal. Lantas, kenapa kentut bau busuk? Penyebab kentut mempunyai aroma yang tidak sedap karena gas yang ada dalam tubuh manusia mengandung beberapa gas seperti sulfur, dimethyl sulfide, methanethiol dan juga hidrogen sulfida. Aroma dari kentut juga dapat terjadi karena dari bakteri yang ada pada sistem pencernaan dan juga feses yang terdapat pada bagian rektum, yakti pada usus besar yang kearah anus.

Tidak hanya itu, aroma kentut yang bau busuk dapat menjadi sebuah masalah pada sistem pencernaan, terlebih lagi apabila dibarengi beberapa kondisi tertentu. Berikut ini ada beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebab kentut bau busuk.

  1. Malabsorpsi Karbohidrat

Kondisi Malabsorpsi karbohidrat ini bisa terjadi pada saat sistem pencernaa tidak dapat mencerna karbohidrat dengan maksimal. Pada kondisi Malabsorpsi karbohidrat yang ringan bisa berdampak pada sakit perut dan dan juga perut kembung.

Sedangkan pada kondisi Malabsorpsi karbohidrat berat dapat menjadi sebuah tanda tanda dari penyakit celiac yang menimbulkan gejala seperti sendi terasa kaku dan juga nyeri, tulang rapuh dan lemah, kejang, sampai masalah kesuburan.

Jika anda sudah terlanjur menderita kondisi malabsorpsi karbohidrat, lebih baik untuk tidak mmngkonsumsi makananan yang mengandung arbohidrat kompleks yang susah diproses sistem pencernaan tubuh anda. Apabila kondisi malabsorpsi tersebut dikarenakan sebuah penyakit yang bernama celiac, anda diharuskan mengubah gaya hidup anda menjadi sehat dengan cara memakan konsumsi yang bebas zat gluten. Penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan.

  1. Intoleransi Laktosa

Aroma tidak sedap dari kentut yang sangat menyengat dapat dikarenakan sebuah kondisi intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah sebuah kondisi pada saat tubuh anda tidak mempunyai cukup zat enzim lipase untuk dapat memecahkan laktosa. Hal tersebut yang mengakibatkan bakteri yang terdapat pada sistem pencernaan menyerap laktosa dan menimbulkan sebuah gas yang beraroma busuk.

Orang yang sudah terlanjur mengalami kondisi intoleransi laktosa lebih baik tidak mengkonsumsi susu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah gas terdapat pada sistem pencernaan tubuh. Ppada saat jumlah gas dalam sistem pencernaan tubuh sudah berkurang, dampak untuk mengeluarkan kentut yang beraroma busuk pun juga ikut menurun.

Sampai sekarang ini tidak dapat diketahui secara pasti bagaimana cara unutuk dapat meningkatkan zat enzim lipase agar dapat mengatasi masalah intoleransi laktosa ini. Oleh sebab itu, orang yang mengalami kondisi intoleransi laktosa ini sangat disarankan untuk membatasi konsumsi dari laktosa.

  1. Infeksi Saluran Cerna

Bakteri yang dapat menginfeksi sistem pencernaan tubuh anda dapat mengakibatkan terinfeksi. Pada umumnya, kondisi infeksi sistem pencernaan tubuh anda dapat terjadi disebabkan oleh kebiasaan buruk pada saat makan seperti makanan yang tidak bersih, tidak pernah mencuci tangan ketika akan makan, sanitasi buruk, dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.

  1. Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sembelit daoat membuat feses terkumpul dan juga terendap di dalam sistem pencernaan tubuh anda. Hal tersebut akan membuat bakteri bisa berkembang biak dengan baik dan akan menjadi penyebab kentut mmemiliki aroma yang busuk.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait