Belajar Crypto Membaca Candlestick Bagi Pemula  

  • Whatsapp

Ketika memutuskan untuk masuk ke dunia crypto, maka pasti akan dihadapkan dengan grafik-grafik pergerakan harga dari pasar cryptocurrency. Cara menganalisa grafik pasar tentunya menjadi penentu mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Untuk itu, bagi kamu yang baru masuk dunia crypto maka disarankan untuk belajar crypto setiap saat. Kamu harus rajin memperhatikan setiap detail pergerakan harga pasar. selain itu, kamu juga harus mengamati apa yang dilakukan oleh mereka yang pengalaman.

Selain itu, kamu juga harus mengikuti semua berita aset digital yang terkait dengan cryptocurrency. Karena seperti diketahui pasar crypto dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global, kebijakan baru, dan sentiment negative dan positif di pasar dunia.

Salah satu kunci sukses dalam trading crypto adalah bisa membaca pergerakan candlestick dengan benar. Artinya, mereka yang baru mengenal forex atau saham harus bisa membaca candlestick itu sendiri.

Ketika kamu menganalisa candlestick maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

Cara membaca candlestick berdasarkan warna

Kamu bisa mengamati grafik candlestick berdasarkan perbedaan warna. Candlestick terbagi dalam 2 jenis warna yaitu merah dan hijau, namun ada juga yang menggunakan warna hitam dan putih. Terkait pembacaan candlestick berdasarkan warna, hal ini penting untuk memudahkan kamu  mengenali chart.

  1. Warna merah/hitam

Ketika kamu belajar crypto dalam membaca grafik candlestick warna merah atau hitam artinya harga penutupan lebih rendah dari harga pembukaan, atau itu berarti candles akan turun.

  1. Warna hijau/putih

Tentukan harga penutupan yang berada di atas harga open, atau mengindikasikan candle bullish/uptrend. Dalam warna ini, artinya candle akan akan naik.

Cara membaca candlestick berdasarkan harga

Setelah kamu mengenal candlestick berdasarkan pergerakan warna, maka langkah selanjutnya kamu bisa membuat estimasi kemana harganya akan pergi. Selain itu, kamu juga harus mempelajari cara membaca harga candle. Hal ini penting untuk mengetahui harga jual maksimum jenis waktu tertentu.

  1. Harga Buka atau Open Price

Harga pembukaan atau opening menjadi wakil harga awal yang dijual untuk periode tertentu. Ini akan ditunjukkan oleh bagian atas atau bawah candle itu sendiri. Jika harganya tinggi, candlestick akan berwarna hijau.

Di sisi lain, jika kamu berada dalam posisi bearish, candlestick akan berwarna merah.

  1. Harga tertinggi atau highest price

Selanjutnya kamu harus mengetahui maksud harga tertinggi merupakan harga tertinggi yang terjadi pada candle tersebut. Mengenai cara membaca high candlestick atau harga tinggi bisa dilihat dari ujung sumbu (gambar) di atas candle.

Jika harga tertinggi di badan lilin sama dengan harga pembukaan, maka tidak akan ada ujung sumbu atas (gambar).

  1. Harga terkini atau close price

Yang dimaksud close price atau harga penutupan adalah harga terakhir atau harga terakhir yang dijual dalam jangka waktu tertentu. Harga ini sendiri tercipta dari jual beli para penjual, serta awal dari desain lampu itu sendiri.

  1. Harga terendah atau Lowest Price

Yang dimaksud dengan harga murah atau low price adalah harga murah yang dijual dalam jangka waktu tertentu. Harga terendah itu sendiri akan tercermin dalam bentuk ujung bawah sumbu (gambar) candle itu sendiri.

Ketika harga pembukaan adalah harga terendah, maka tidak ada sumbu batas (gambar) yang menunjukkan, sebagai harga terendah.

Cara membaca candlestick berdasarkan sumbu

Jika kamu sudah memahami kedua indikator tersebut, maka selanjut belajar membaca berdasarkan sumbu atau bayangan candle itu sendiri. Cara pembacaan ini penting untuk memprediksi atau menentukan kemana arah candle selanjutnya.

Apakah akan mengikuti pergerakan/warna candle sebelumnya, tetap flat/tidak banyak bergerak, atau malah berubah arah/berubah warna selanjutnya dari candle sebelumnya.

  1. Panjang sumbu

Panjang sumbu atau bayangan candle kaitannya dengan perubahan harga itu sendiri. Semakin panjang sumbunya, berarti harganya semakin cepat untuk jangka waktu dan lampu itu sendiri. Semakin panjang sumbu candle, semakin menunjukkan bahwa aktivitas trading berhasil di atas harga open atau close, hingga mencapai level tertentu.

Sementara itu, jika kamu menemukan sumbu pendek dari candle, maka aktivitas perdagangan yang terjadi saat ini masih dalam harga pembukaan atau mendekati harga itu sendiri.

  1. Ukuran Badan

Dengan mengunjungi panjang pendeknya candle, maka kamu akan mendapatkan informasi tentang kekuatan harga yang sedang terjadi saat itu. Jika tubuh diregangkan, itu berarti kekuatannya semakin kuat.

  1. Rasio antara panjang badan terhadap sumbu

Jika kamu menemukan candle yang panjang, dan dengan sumbu yang kecil, berarti pasar sedang berjalan cepat. Sekali lagi hanya ketika kondisi pasar tidak pasti dan volatilitas meningkat. Maka candle akan tampak lebih kecil, tetapi sebaliknya sumbu panjang, atau sumbu atas, sumbu bawah, atau bahkan keduanya.

Selain itu, ketika sumbu atas lebih panjang dari sumbu bawah, berarti trader sedang mengontrol periode perdagangan saat itu. Yaitu dengan menawar dengan harga tertinggi. Saat ini penjual sendiri ingin menghentikan harga menjadi lebih rendah dari harga saat ini.

  1. Posisi badan candlestick

Ketika kamu mendapatkan candle dengan sumbu panjang di bagian atas, sedangkan posisi berada di bagian bawah, atau sebaliknya, berarti ada resistensi antara pembeli dan penjual yang terjadi di body candle tersebut.

Sedangkan ketika posisi candle berada di tengah dan sumbu atas dan bawah muncul, berarti pergerakan pasar tidak menentu.

Membaca Pola Candlestick

Saat kamu mempelajari analisis candlestick maka kamu akan melihat beberapa pola. Berikut adalah berbagai jenis candlestick yang umum ditemukan di pasaran, antara lain:

  1. Candlestick single

Seperti namanya candlestick single maka kemunculan pola yang satu ini akan menyebabkan munculnya pola-pola tertentu yang akan menyebabkan harga candle berikutnya berubah. Pola candlestick sederhana termasuk Pola Spinning Top, Pola Marubozu, Pola Doji, Pola Hammer and Hanging Man, Hammer Inverted dan Shooting Star, dll.

  1. Candlestick double

Pada pola candlestick double maka kamu harus memperhatikan 2 candle yang akan memberikan informasi pergerakan harga selanjutnya. Yang termasuk dalam candlestick double adalah Pola Bullish dan Bearish Engulfing, Pola Tweezer Bottom dan Tweezer Top, Pola Dark Cloud Cover dan Piercing Line, dll.

Nah itulah cara-cara membaca candlestick yang harus kamu pelajari, terutama bagi para pemula yang ingin belajar trading.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy. Ayo berinvestasi dan download aplikasi Pintu sekarang!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait