Beredar Issu Dugaan Pungli 1,2 Juta, Ini Kata Kepala Unit PDAM Teumpeun Peureulak

  • Whatsapp

Klikwarta, Aceh Timur- Beredar issu atau rumor di media sosial selama ini bahwasanya ada terjadi dugaan pungutan liar sebesar Rp. 1,2 juta/rumah yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Pungli tersebut diduga terkait pemasangan jaringan air bersih PDAM Tirta Persada pada setiap rumah yang berada di Kecamatan Peureulak dan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

” Tudingan pungli yang diklaim oleh oknum- oknum tersebut tidak mendasar dan tidak benar,” ujar Syarwani selaku Kepala Unit PDAM Tirta Persada Teumpeun Peureulak saat dijumpai awak media klikwarta, Jumat, 15 Juli 2022.

Menurutnya setiap pemasangan jaringan air bersih bagi pelanggan yang baru dikenakan biaya pemasangan sebesar Rp. 1.157.000 dan itu kita beritahukan kepada pelanggan karena biaya tersebut kita setor ke perusahaan karena sesuai dengan juknisnya.

Namun, kadang- kadang pelanggan memberi lebih dari harga yang telah ditentukan oleh perusahaan yakni sebesar Rp. 1,2 juta.” Karena apa, disebabkan saat dilakukan pemasangan ada penambahan alat- alat lain yang tidak terduga apalagi dengan kondisi tata letak rumah pelanggan yang berbukitan dan itu diluar tanggungan perusahaan,” jelas Syarwani.

Saat disinggung tentang adanya program pemasangan jaringan air bersih PDAM gratis. Dianya membenarkan bahwasanya program tersebut ada melalui anggaran APBN yakni Dana Alokasi Khusus ( DAK). Adapun desa yang menerima program itu Desa Seuneubok Baro, Pulo Blang dan Desa Seuneubok Johan.

“Dari tiga desa tersebut hanya 220 rumah saja yang mendapatkan jaringan air bersih gratis. Dan datanya itu kita terima dari dinas terkait atas usulan perangkat desa setempat jadi tidak semuanya mendapatkan,” ujar Syarwani dan di iyakan oleh Zainuddin Kepala Cabang PDAM Ranto Peureulak.

Tambahnya, pelanggan saat meminta pemasangan jaringan air bersih kepihaknya terkadang tidak mengenal waktu. ” Hari libur pun kita layani karena mengingat kebutuhan air merupakan hajat dan keperluan orang banyak jadi kita ambil kebijakan walaupun hari libur tetap kita lakukan pemasangan jaringan air bersih tersebut,” demikian Syarwani ( Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait