BKGN 2022, Pepsodent Gelar Pelayanan Perawatan Gigi Gratis di RSGM Unair

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 kembali digelar di RSGM Pendidikan – FKG Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Selasa (1/11/2022). Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi secara gratis sampai Kamis (3/11/2022).

Kegiatan ini merupakan program tahunan kerjasama PT Unilever Indonesia Tbk melalui brand Pepsodent dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia mengatakan, Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent konsisten mewujudkan purpose untuk mendukung edukasi dan perawatan gigi dan mulut guna mewujudkan senyum sehat Indonesia.

Hal ini menjadi semakin krusial karena survei Pepsodent memperlihatkan peningkatan permasalahan gigi dan mulut pada masyarakat selama pandemi. Sebanyak 25% responden mengaku memiliki gigi berlubang baru, yang berhubungan dengan berkurangnya kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut.

Ditemukan bahwa kebiasaan orang tua menyikat gigi pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur menurun sebesar 5%, bahkan pada anak penurunannya dua kali lebih besar, yaitu 11%. “Memprihatinkan, meski pandemi sudah mereda, kebiasaan yang terlanjur terbentuk ini belum berubah signifikan,” ujarnya saat Prescon.

drg. Dini Setyowati M.PH Ph.D, Dosen dan Peneliti FKG Unair mengatakan, hasil penelitiannya menyebutkan bahwa sebanyak 52% anak di salah satu sekolah PAUD mengalami permasalahan gigi berlubang. Selain itu, ternyata hanya 3% anak yang menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat.

Dr. drg. Agung Sosiawan M.Kes, Dekan FKG Unair mengatakan, sejumlah risiko dapat timbul di balik kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya adalah gigi berlubang, infeksi gusi, hingga sakit gigi yang dapat sangat memengaruhi kenyamanan dan produktivitas.

Karena permasalahan itulah, Pepsodent bersama PDGI, AFDOKGI, dan ARSGMPI telah menghadirkan berbagai program untuk terus melindungi kesehatan gigi dan mulut masyarakat sekaligus mendukung pemerintah dalam mentransformasi sistem kesehatan di Indonesia.

Salah satu inovasi terbesarnya adalah pemanfaatan teknologi digital melalui layanan teledentistry “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang sejak 2020 hingga sekarang telah melayani lebih dari 41.000 masyarakat. Layanan yang dilengkapi dengan fitur video call ini didukung oleh dokter gigi dari 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan 107 PDGI cabang.

Selain itu, BKGN adalah bentuk kolaborasi tahunan yang dipersembahkan sejak 12 September 2010, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) oleh Kemenkes RI di tahun 2011.

Setelah selama 2 tahun dilaksanakan secara virtual karena pandemi, tahun ini BKGN 2022 kembali hadir secara langsung untuk memberikan perawatan gigi gratis di 28 FKG dan RSGMP yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia hingga Desember 2022.

Direktur RSGM Pendidikan Unair, Prof. drg. Coen Pramono D SU Sp.BM (K) FICS, berpendapat, BKGN 2022 menjadi momen yang sangat baik untuk para calon dokter gigi dan RSGM untuk melakukan pengabdian masyarakat, dan memberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut.

Di BKGN 2022, masyarakat Surabaya dapat secara langsung mendapatkan pelayanan perawatan gigi ringan secara gratis oleh para dokter gigi dari RSGM Pendidikan Unair dan mahasiswa FKG Unair selama 1-3 November 2022.

Bulan mendatang, BKGN 2022 juga akan kembali hadir melayani masyarakat Surabaya di RSGM FKG Universitas Hang Tuah Nala Husada pada 13-15 Desember 2022.

Adapun perawatan gigi gratis yang diberikan meliputi pencabutan tanpa komplikasi, pembersihan karang gigi atau scaling, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride (fissure sealant).

“Kami berharap pelaksanaan BKGN 2022 dapat membantu memulihkan kebiasaan merawat gigi dan mulut agar masyarakat Indonesia bisa hidup lebih sehat, bangkit lebih kuat, bebas gigi berlubang,” kata drg. Mirah. (Gan)

Teks Foto: Warga yang memanfaatkan layanan kesehatan gigi gratis di RSGM Pendidikan FKG Unair Surabaya, Selasa (1/11/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait