BPBD Tojo Unauna Pasang Alat Deteksi Banjir

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Unauna , Sulawesi Tengah (Sulteng ) memasang alat pendeteksi banjir disungai Toba , Kecamatan Ratolindo.

Salah satu Kepala Bidang BPBD, Rusdin Tamin mengatakan Pemasngan alat tersebut dalam rangka mengantisipasi dampak banjir yang sering terjadi di daerah Itu dan mengingat saat ini curah lhujan cukup tinggi di wilayah ini

“daerah kita ini jika Hujan deras maka sungai juga akan banjir, apabila debit air di daerah tersebut sudah melebihi batas atau datangnya banjir Bandang ,Alat pemantau itu akan memberikan informasi kepada masyarakat” kata Rusdin Thamin Senin (15/7/2019 ).

Ditambahkan oleh Dhedi Hasan operator pengendali server alat tersebut , bahwa Alat pendeteksi itu dipasang sekitar aliran Sungai Toba dan Pemasangan alat tersebut bertujuan untuk mendeteksi volume air.

” Alarm atau sirene yang dipasang di Muara Toba seketika Akan berbunyi, jika Debit air yang terdeteksi sudah mencapai tujuh lima bahkan sampai di atas seratus dua lima itu berada dalam posisi awas” jelasnya

Selain itu , kata Dhedi pemasangan alat deteksi banjir ini di tangani langsung Tim Ahli Kementrian dari pusat.

” apabila volume air sungai di sekitar permukiman masyarakat sudah melebihi batas maka otomatis alat pendeteksi banjir yang dipasang dipinggir sungai akan memberikan sinyal ke petugas BPBD” kata Dhedi.

BPBD Kabupaten Tojo Unauna berharap masyarakat harus bisa menjaga alat ini, karena dapat membantu masyarakat bisa terhindar dari banjir dan kerusakan harta benda (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *