BPJAMSOSTEK Cabang Krian, Merangkul dan Melindungi Jurnalis

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Sekali dayung dua pulau terlampaui. Kurang lebih seperti itu yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Sidoarjo Krian, Kamis (18/3/2021) malam.

Kegiatan yang digelar di Cafe Kali Kopi Indonesia di Prambon, Sidoarjo, ini dihadiri tak kurang dari 20 jurnalis berbagai mass media yang biasa operasional di wilayah Sidoarjo barat.

Bertajuk “Ngopi Bareng Jurnalis Ala Krian”, acara dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini diisi langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Krian, Indriyatno, untuk mensosialisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Indriyatno mengatakan, acara ini diadakan dengan tujuan memberi pemahaman pada para jurnalis tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi setiap pekerja, terlebih bagi jurnalis sendiri.

Dari kegiatan ini dia berharap para jurnalis yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan segera daftar, sehingga mendapat kepastian jaminan sosial bila sampai mengalami musibah kecelakaan kerja, kematian dan di hari tuanya.

Di samping itu Indriyatno juga berharap para jurnalis yang hadir ini dapat menjelaskan pada orang-orang sekitar tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, dan melakukan pemberitaan yang benar tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan ini Indriyatno menjelaskan secara detail tentang program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Dikatakan, dengan mengikuti 2 program utama, JKK dan JKM, yang iurannya hanya Rp 16.800,- per bulan, manfaatnya jika peserta mengalami musibah kecelakaan kerja seluruh bea pengobatan dan perawatan sampai sembuh ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan, dan jika peserta meninggal dunia ahli warisnya akan mendapat santunan sebesar Rp 42 juta.

Jika mengikuti 3 program, yakni JKK dan JKM serta JHT, iurannya menjadi minimal Rp 36.800,- per bulan. Dia menjelaskan, program JHT ini sifatnya tabungan, dan akan kembali jika peserta sudah tidak bekerja lagi.

Selain itu, dalam acara ini dilakukan pula penyerahan kartu kepesertaan pada beberapa wartawan yang sudah terlebih dulu daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Krian.

“Jadi, dari sejumlah rekan wartawan yang hadir di acara ini sebagian sudah terlebih dulu daftar sebagai peserta, dan sebagiannya lagi segera menyusul daftar. Mereka daftar secara mandiri dengan 3 program, JKK dan JKM serta JHT,” jelas Indriyatno. (Ganefo)

Teks Foto: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Krian di acara “Ngopi Bareng Jurnalis” di Prambon, Sidoarjo, Kamis (18/3/2021) malam.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait