BPJS Ketenagakerjaan Rawamangun Mantab, Lindungi RT-RW Se-DKI

oleh -200 views
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Mochamad Triyono (dua dari kanan), mengawali sosialisasi untuk kepesertaan Ketua RT, RW dan LMK se-Kecamatan Matraman, Selasa (5/12/2017). (Foto: Ist).

JAKARTA, beritalima.com – Jika ini gol, prestasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Jakarta Timur, luar biasa. Sebab, kantor cabang yang dikepalai Mochamad Triyono ini akan menuai peserta tambahan seluruh Ketua RT, RW dan LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) se-DKI Jakarta.

Artinya, seluruh Ketua RT, RW dan LMK se-DKI, yang jumlahnya hampirj sebanyak 33.000 pekerja, akan terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Dan ini baru kali pertama di Indonesia.

Akuisisi kepesertaan itu didapat BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun dengan menggandeng Masyarakat Peduli BPJS Wilayah DKI Jakarta. Keduanya baru mengawali sosialisasi ke para Ketua RT dan RW serta LMK se-Kecamatan Matraman, pas HUT BPJS Ketenagakerjaan Ke-40, Selasa (5/12/2017) kemarin.


Sosialisasi yang digelar di aula Kecamatan Matraman ini, selain dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Mochamad Triyono, dan Koordinator Wilayah MP BPJS DKI Jakarta, Syarif, juga Camat Mantraman, Achmad Salahuddin, yang sekaligus mewakili Walikota Jakarta Timur.

Dikatakan, sosialisasi ini sekaligus merekrut 796 Ketua RT, 62 RW, dan 62 LMK se-Kecamatan Matraman sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun.

Syarif menegaskan, ini start road show MP BPJS dalam mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan di setiap kecamatan se-DKI Jakarta. Dia berharap seluruh RT dan RW serta LMK se-DKI Jakarta yang jumlahnya 32.955 orang akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun.

Selain itu juga masih ditambah pekerja penanganan pra sarana umum (PPSU) sebanyak 110.000 pekerja. Kepesertaan mereka didukung Pemda DKI Jakart.

Achmad Salahuddin, Camat Mataraman, mengatakan, pihaknya sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan, karena ini sangat urgen bagi pekerja dalam mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Mereka mengikuti program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Mochamad Triyono, mengatakan, untuk mewujudkan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh Ketua RT dan RW serta LMK se-DKI Jakarta pihaknya siap proaktif turun ke kecamatan hingga ke kampung-kampung.

Mantan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta dan Mojokerto ini siap kerja keras guna mendorong peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dikatakan, sementara ini kepesertaan RT dan RW serta LMK memang hanya program JKK dan JKM, namun kedepan diharapkan bisa menambah program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). (Ganefo)