Cara SDM Limas Membangun Jiwa Sportif dan Kompetetif Siswa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Permainan tradisional tarik tambang dilombakan di Sekolah Inspiratif SD Muhammadiyah 15 Surabaya dalam rangkaian kegiatan Classmeeting, Selasa (5/12/2017).

Kegiatan yang diikuti 750 siswa ini dibagi antar kelas. Setiap kelompok ada 10 siswa baik putera maupun puteri.

Selain tarik tambang ada juga bola gurita, bakiak, kelereng estafet dan mading sekolah, yang dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 13 Desember 2017.

Royyanatul Habibah S. Pd.I selaku Ketua Panitia mengatakan, tujuan kegiatan Classmeeting ini sebagai ajang refreshing atau penyegaran bagi siswa setelah menempuh penilaian akhir semester gasal 2017-2018.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat menumbuhkan jiwa sportifitas dan kompetisi pada diri siswa dalam hal yang positif, sehingga karakter kekompakan dan pantang menyerah itu harapan yang harus tercapai,” ujarnya.

Ada yang lucu dalam kegiatan ini. Di akhir perlombaan tarik tambang, ada yang menangis karena kalah dalam perlombaan. “Aku kalah karena musuhku besar-besar dan kuat,” ucap Jessica Richie Sajaya, siswa kelas 1 Butterfly, sambil menangis sesenggukan.

“Tapi aku tetap semangar ikut lomba lagi,” imbuh Richie di tengah kerumunan teman-temannya. 

Iqomatul Chakiki, S.Pd, Tim Teaching kelas 1 Butterfly, sambil memeluk Richie mengatakan, meskipun belum juara anak-anak tetap semangat untuk mengikuti lomba dan tidak sedih. “Harapannya kegiatan lomba yang lain bisa juara,” ujarnya.

Ahmad Syaifuddin, S.Pd, presenter lomba, tampak semangat mensuport para siswa. “Ayo anak-anak mundur, mundur semua dari baris perlombaan, tarik tambang akan segera dimulai,” tutur Syaifuudin sambil menghitung peserta lomba setiap kelompok.

“Gimana sudah siap semua???” tanya dia, yang spontan dijawab “Siap, ustad” secara serempak.

Kegiatan tradisional tarik tambang ini dipimpin tiga orang wasit, satu wasit di tengah sambil meniup peluit, wasit dua dan tiga berada disamping peserta kelompok 1 dan kelompok 2. 

M. Abdullah Adillah, siswa kelas 5 Buya Hamka, salah satu peserta yang menang, mengatakan, “Alhamdulillah menang, berkat semangat teman-temanku semua.”

“Meskipun tadi di babak pertama kalah, babak kedua dan tiga Alhamdulillah menang,” lanjutnya sambil mengepalkan tangan dan senyum gembira. (Ganefo)

Teks Foto: Suasana kegiatan Classmeeting di SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Selasa (5/12/2017).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *