Bupati Arifin: Jembatan Plengkung Bendorejo Segera Digantikan yang Baru

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Salah satu situs infrastruktur peninggalan jaman Belanda di Trenggalek yang hingga kini masih digunakan adalah Jembatan Plengkung di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan. Pun begitu, karena sudah dimakan usia serta intensitas kendaraan yang melaluinya juga cukup banyak maka kerusakan kini semakin parah.

Disepanjang jembatan, lapisan aspal terkelupas dimana-mana kemudian terdapat pula lubang menganga ditengahnya. Selain itu, lebarnya pun dinilai sudah terlalu sempit jika di bandingkan kebutuhan transportasi zaman sekarang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengatakan jika bangunan era penjajahan dimaksud memang sudah tidak layak digunakan. Oleh karena itu, jembatan baru segera dibangun untuk menggantikan peran jembatan Plengkung di ruas jalan milik Pemkab Trenggalek tersebut.

“Memang sudah terdapat banyak kerusakan. Aspal banyak terkelupas dan terdapat lubang menganga yang sangat membahayakan. Oleh karena itu, jembatan baru akan segera dibangun,” sebut Nur Arifin, Selasa, 14 November 2023.

Menurut dia, alokasi pembiayaan pembangunan secara nominatif memang cukup tinggi. Mengingat, jembatan baru itu nanti didesain tanpa menggunakan tiang penyangga. Fungsinya, untuk meminimalisir potensi penumpukan sampah dibawahnya sekaligus mencegah banjir.

“Dirancang tanpa tiang penyangga, dimaksudkan untuk meminimalisir penumpukan sampah dibawah jembatan dan mencegah banjir,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut suami Novita Hardini itu, demi menjaga keberadaan dan kelestarian warisan sejarah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek telah berkoordinasi dengan instansi terkait lain. Mungkin tidak akan difungsikan sebagai sarana pendukung akses lalu lintas lagi, namun tetap di pertahankan bangunannya.

“Diharapkan keberadaan Jembatan Plengkung peninggalan Belanda ini tetap dipertahankan. Sehingga nilai sejarahnya terjaga,” harap Nur Arifin.

Senada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Trenggalek, Ramelan, menambahkan bahwa nantinya memang akan ada dua jembatan di lokasi tersebut. Jembatan Plengkung lama tetap dipertahankan, sementara jembatan baru dibangun di sebelah baratnya menggunakan dana APBN.

“Jembatan baru dibangun disebelah baratnya, menggunakan sumber dana dari APBN sekitar 26 miliar rupiah dan diharapkan akan mampu terselesaikan awal tahun 2024,” pungkas Ramelan. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait