Bupati Karna Serahkan Bansos Tunai Kepada Puluhan Korban Bencana

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat membagikan bansos tunai korban bencana. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo memberikan bantuan sosial (Bansos) tunai kepada puluhan korban bencana alam dan sosial di Kota Santri Pancasila, Jumat (8/10/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, total ada 32 penerima bantuan yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Situbondo. “Ada korban kebakaran, pohon tumbang, angin puting beliung, tanah longsor dan banjir rob. Dimana peristiwa tersebut terjadi di tahun 2021,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, Bansos uang tunai yang diberikan ditetapkan 20 persen dari total kerugian yang dialami korban. “Yang kita salurkan bervariasi mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 15. 500. 000,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini meminta kepada Kepala BPBD Situbondo agar cepat dalam merespon segala bentuk bencana alam dan sosial yang terjadi di Kota Santri Pancasila. “Kalkulasi berapa kerugian materi yang dialami oleh korban. Sehingga bisa segera kita tangani,” terangnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Situbondo, Samsuri menjelaskan, pemberian Bansos tunai tersebut untuk meringankan beban para korban. “Ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Situbondo kepada mereka,” paparnya.

Ditempat yang sama, Syamsul Arifin, salah satu penerima Bansos tersebut mangaku, Bansos tunai dari Pemkab Situbondo sangat bermanfaat bagi mereka. “Rumah saya terbakar, sehingga mengakibatkan kerugian materi sekitar Rp 70.000.000,” tutupnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait