Bupati Karna Tanam Bibit Padi Varietas Unggul Kerjasama dengan Kementerian Pertanian

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi menanam langsung bibit padi calon VUB (varietas unggul baru) di lahan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Desa/Kecamatan Kapongan, Selasa (11/1/2022). Bibit padi tersebut merupakan hasil kerjasama Pemkab Situbondo dengan Tim Balai Besar Penelitian Padi (BBPadi) – Balitbang Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Subang, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, tujuan dari uji coba tersebut yaitu, untuk menciptakan bibit padi varietas unggul di Kota Santri Pancasila. “Nantinya bibit padi ini kita beri nama BK Situbondo,” ucapnya.

Bung Karna mengungkapkan, bibit padi calon VUB tersebut ditanam sebanyak 19 jalur. “Nantinya dari 19 jalur tersebut, kita pilih yang terbaik untuk dijadikan bibit padi unggul di Situbondo,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bung Karna menjelaskan, pihaknya memang sudah melakukan uji coba bibit padi BK 700 dan BK 900 di Kapongan dan Panarukan. “Hasilnya memang maksimal. Namun bibit tersebut masih belum tahan terhadap penyakit penggerek batang,” tambahnya.

Bapak dua anak ini optimis, bibit padi BK Situbondo bisa meningkatkan produktivitas pertanian padi di Kota Santri Pancasila. “Dengan begitu, pendapatan petani padi akan meningkat dan kesejahteraan mereka juga semakin membaik,” tukasnya.

Bung Karna menegaskan, pihaknya berencana membuat badan usaha milik daerah (BUMD), yang nantinya bertugas membeli hasil panen petani dari bibit padi BK Situbondo.

“Saya mulai dari PNS dulu agar mereka mengkonsumsi beras ini (bibit padi BK Situbondo -red). Nantinya BUMD tersebut hanya membeli hasil panen petani,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Situbondo, Haryadi Tejho Laksono menerangkan, total lahan yang digunakan untuk uji coba bibit padi BK Situbondo sekitar 0,7 Hektare. “Insya Allah dalam 1 Hektare bisa menghasilkan padi sebanyak 6 hingga 7 Ton,” ujarnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait