Bupati Mohammad Lahay Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ampana Timur

  • Whatsapp

AMPANA,beritalima.com – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE,MM meresmikan gedung baru Puskesmas Ampana Timur bertempat didesa Sabulira Toba Kecamatan Ratolindo, Selasa (18/8/2020).

Bupati Touna Mohammad Lahay, dalam sambutannya menyampaikan bahwapatut kita syukuri bersama hari ini adalah peresmian gedung baru Puskesmas Ampana timur yang terletak di Desa Sabulira Toba Kecamatan Ratolindo. Bahkan peresmian ini merupakan peresmian gedung baru Puskesmas yang dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

“Pemerintah Kabupaten Touna sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Touna, fasilitas kesehatan yang terstandar menjadi salah satu syarat wajib dalam penyediaan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas selain ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dan tersedianya dana atau anggaran yang memadai,”kata Bupati.

Mohammad Lahay katakan, gedung baru ini adalah bentuk upaya nyata pemerintah kabupaten touna dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan gedung baru ini yang lebih besar, lebih luas dan lebih representatif dari pada gedung yang lama maka harapan saya bahwa pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik bukan hal yang mustahil.

“Gedung baru Puskesmas Ampana Timur ini merupakan aset yang harus dijaga bersama pemerintah dengan masyarakat karena merupakan fasilitas umum yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Ampana Timur, begitupun untuk jajaran dinas kesehatan khususnya Kepala Puskesmas dan staf saya sangat berharap agar gedung baru yang cukup megah ini dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga status kesehatan masyarakat diwilayah kerjanya lebih meningkat,”jelasnya.

Melalui  kesempatan ini Bupati Touna  berharap agar tidak ada lagi kasus gizi buruk dan stunting tidak ada lagi kangen kematian ibu dan bayi serta persoalan persoalan kesehatan lainnya.

Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan dengan biasakan pola hidup bersih dan sehat tanpa peran aktif dari masyarakat maka masalah kesehatan ini tidak akan bisa teratasi

“Kepada Pemerintah Kecamatan, para Lurah, Kepala Desa, tokoh masyarakat Tirta ibu-ibu PKK agar lebih peduli dan berperan aktif dalam pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing khususnya lagi dalam upaya percepatan pencegahan dan penanganan gizi buruk dan stunting,”harapnya.

Bupati Touna  berharap kepada jajaran Puskesmas Ampana timur ini senantiasa mampu melahirkan kegiatan inovasi dalam upaya penyelesaian masalah kesehatan masyarakat diwilayah kerjanya.

Syarat dengan kegiatan promotif dan preventif sebagai upaya kesehatan masyarakat agar masyarakat dapat hidup sehat, besan saya tingkatkan kinerjanya dengan disiplin yang tinggi, tingkatkan kerjasama tim, tingkatkan pula kerjasama dengan lintas sektor, jangan lupakan sektor swasta, libatkan masyarakat dan melayani pasiennya dengan sepenuh hati.

“semoga Allah memberikan berkahnya di setiap langkah yang kita lakukan dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat begitupun berkah untuk penggunaan gedung baru ini sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat,”tuturnya.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Touna, Mahmud Lahay, SE,M.Si, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Touna, Kapolres Touna, Kejari Touna, Perwira Penghubung Kodim 1307/Poso, Para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD lingkup Pemkab Touna, Camat Ratolindo beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ratolindo, Kepala Desa, Lurah Se-kecamatan Ratolindo, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, para Kader Desa, Dokter, Tenaga Kesehatan serta puluhan tamu undangan lainnya.(AT/HW) 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait