Bupati Situbondo Bagikan Petani 2500 Bibit Durian Montong dan Kelengkeng Gratis

  • Whatsapp
B

SITUBONDO, beritalima.com – Belum usai pembagian pupuk urea gratis kepada para petani, Pemkab Situbondo kembali menyalurkan ribuan bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond secara cuma-cuma alias gratis kepada para petani di dua desa di Kecamatan Jatibanteng. Yakni Desa Sumberanyar dan Pategalan, Kamis (2/12/2021).

Tujuannya untuk menjadikan ke dua desa tersebut sebagai sentra penghasil buah yang terkenal dengan harganya yang mahal itu.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, total ada 2.500 bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond yang dibagikan.

“Sambil mendistribusikan pupuk urea gratis, kami juga membagikan 1.500 bibit Kelengkeng Diamond kepada tiga kelompok tani di Desa Sumberanyar. Yakni Sumber Cayaha, Tirto Argo dan Anugerah. Kemudian 1.000 bibit Durian Montong untuk dua kelompok tani di Desa Pategalan. Yaitu Bunga Desa serta Pagar Gunung,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, dari hasil survei lapangan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, bahwa kedua desa tersebut cocok untuk dijadikan sentra penghasil Durian Montong dan Kelengkeng Diamond.

“Seperti yang kita ketahui bersama, Desa Sumberanyar dan Pategalan, Kecamatan Jatibanteng ini udaranya sangat sejuk. Selain itu, wilayahnya pegunungan dengan tanah yang subur. InsyaAllah cocok untuk ke dua buah tersebut,” ujarnya.

Bung Karna meminta kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo untuk melakukan pemetaan wilayah guna mengetahui potensi di setiap kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila. Sehingga tiap kecamatan yang ada di Kota Santri Pancasila ini bisa memiliki potensi unggulannya masing-masing.

“Saya tidak ingin tanaman mangga, kelengkeng, durian, kopi, vanilla disebar ke semua kecamatan di Situbondo. Nanti tidak akan maksimal hasilnya. Kami ingin difokuskan pada satu wilayah, sehingga setiap kecamatan menjadi sentranya,” tegasnya.

Bupati 54 tahun ini berharap, para petani di dua desa tersebut bisa merawat bibit Durian Montong dan Kelengkeng Diamond bantuan dari Pemkab Situbondo itu. Sehingga bisa berbuah di usia empat sampai lima tahun.

“Saya sampaikan kepada ketua kelompok tani agar segera didistribusikan ke anggotanya. Sehingga bisa ditanam, karena sekarang masih musim hujan. Dan kasih pupuk yang cukup. Lakukan itu secara teratur agar cepat berbuah,” pungkasnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait