Bupati Situbondo MoU dengan Kementerian LHK untuk Pengembangan Wisata Taman Nasional Baluran

  • Whatsapp
Bupati situbondo Karna Suswandi saat berbincang dengan Dirjen LHP di ruang kerjanya. (Hms/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah kabupaten Situbondo akan segera menggelar MoU ulang dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk mengembangkan wisata Taman Nasional Baluran.

Hal ini menyusul pertemuan Bupati Situbondo Karna Suswandi dengan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, KLHK di Jakarta pada Rabu (24/3/2021).

Bung Karna- panggilan akrabnya menerangkan, dalam MoU baru ini pihaknya bersama KLHK menambahkan sejumlah item yang akan dilakukan dalam pengembangan wisata di ujung timur Kota Santri itu.

Seperti di antaranya pembangunan infrastruktur dan pemasangan listrik. Termasuk, pemberdayaan masyarakat baik di bidang pendidikan, dan kesehatan.

Semua item tersebut menjadi penting, mengingat kawasan itu telah semakin padat penduduknya. Hampir ada 1.000 penduduk, dan 300 KK yang perlu diperhatikan.

“Saya InsyaAllah masyarakat kawasan Merak bisa segera menikmati listrik, jalan dalam waktu tak terlalu lama. Tapi Pemda dengan keterbatasan dana yang ada maka akan dilakukan secara bertahap,” tuturnya.

“Kita mengusulkan beberapa item yang bisa dibangun di Merak Baluran sebagai upaya menyokong pengembangan pariwisata di Merak Baluran,” katanya.

Ia mengaku gerak cepat ini pun langsung ditindaklanjuti karena sehari setelahnya, Kamis besok (25/3/2021) Komisi IV DPR RI bersama Dirjen KSDAE akan turun ke Taman Nasional Baluran.

“Kemudian pada Jum’at besok (26/3/2021) akan dilanjutkan dengan rapat bersama pengembangan Merak Baluran,” tutupnya.(*/Roi/Hms)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait