Capai Pemulihan dengan Vaksin

  • Whatsapp

Indonesia sedang berada dalam keadaan yang cukup gawat, ditandai dengan masuknya gelombang ke-2 grafik Covid-19. Semakin banyak korban yang terenggut nyawanya akibat pandemi ini. Banyak air mata yang mengalir deras jatuh akan kepergian keluarganya yang telah pergi akibat virus Covid-19.

Demi meredakan grafik yang kian memuncak, pemerintah memiliki rencana. Pemerintah menjalankan proses vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Target untuk menjangkau herd immunity, vaksinasi harus berjalan setidaknya menyentuh 80 persen.
Vaksinasi dibuka secara gratis hingga berbayar. Dengan mendaftar melalui Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) masyarakat bisa mendapatkan Vaksin secara gratis. Untuk persyaratannya sendiri hanya perlu menyiapkan KTP dan memilih lokasi untuk prosesi vaksinasi. Salah satu lokasi yang dapat dipilih yaitu di Gelora Bung Karno, tentu merupakan lokasi yang cukup umum untuk dijangkau.

Seluruh masyarakat indonesia perlu menerima vaksin dan pastinya sang penulis juga menjalani vaksinasi, Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah mencapai herd immunity.
Di indonesia memiliki banyak stok vaksin yang salah satunya Sinovac, begitu pula efek samping yang beragam. Penulis mendapatkan vaksin Sinovac saat prosesi vaksinasi di Gelora Bung Karno. Efek samping pasca vaksinasi yang didapatkan oleh penulis tidak cukup berat yakni rasa ngantuk ringan dan lapar.

Melalui aplikasi JAKI proses vaksinasi berjalan pukul 8 pagi hingga 6 sore. Calon penerima vaksin dapat memilih jadwal yang telah disiapkan. Proses vaksinasi itu sendiri tidak memakan waktu yang lama. Dengan antre di barisan yang telah disiapkan, lalu menunggu giliran untuk penerimaan vaksin.

Setelah antre akan ada pendataan singkat oleh tenaga kesehatan dan wawancara mengenai kesehatan pribadi, kemudian vaksinasi dilakukan jika tidak ada kendala. Jika sudah selesai akan ada penjelasan oleh tenaga kesehatan untuk vaksinasi dosis kedua.

Vaksin menjadi salah satu kunci besar untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Pemerintah dan juga masyarakat tentu perlu bekerja sama demi terbebasnya negara Indonesia dari Covid-19. Vaksinasi tidak akan cukup tanpa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.
(Rafi Wijaya/PNJ)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait