Cara Introvert Mencari Teman

  • Whatsapp
ilustrasi foto : pixabay.com

Seorang introvert itu luar biasa. Karena orang yang memiliki pribadi introvert dapat memiliki waktu dengan dirinya sendiri serta kenyamanan dirinya dengan keeadaan rumah. Mungkin terkadang introvert merasa terisolasi. Hal itu disebabkan dirinya tidak memiliki teman dengan untuk dipercaya sebagai wadah curhatnya, karena itu pribadi introvert kehilangan manfaat utama dari sosialisasi.

Sebenarnya introvert dan ekstrovert memiiki karakteristik yang sangat mirip, yaitu terkait kebutuhan akan sosialisasi, karena kita semua adalah manusia. Perbedaan utama terletak pada bagaimana mengisi “daya sosial” mereka. Introvert mengisi daya sosial mereka dengan menghabiskan waktu sendirian sementara ekstrovert mengisi daya sosial mereka dengan berinteraksi dengan orang lain. Menemukan teman yang dapat dipercayai itu sulit, dan menjadi sangat sulit untuk seorang introvert yang menyukai kesendirian. Dengan begitu, berikut adalah beberapa tips tentang cara berteman sebagai seorang introvert.

1. Kualitas Di Atas Kuantitas
Hubungan berkualitas bermanfaat bagi kedua belah pihak. Sebagai introvert Anda mungkin merasa sulit untuk berbasa-basi dengan kenalan atau memulai percakapan dengan orang asing. Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan semua itu, Anda hanya membutuhkan beberapa orang dalam hidup Anda yang membuat Anda bahagia dan puas secara sosial. Cobalah menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang-orang yang sudah membuat Anda nyaman. Hubungan berkualitas tinggi akan sangat bermanfaat untuk Anda.

2. Ketahui Yang Anda Kuasai
Setiap orang memiliki kekuatan dan kekurangan yang berbeda dalam hal sosialisasi. Beberapa orang adalah pendengar yang baik, sementara ada juga yang senang menyuarakan pendapat mereka. Beberapa menikmati pesta besar, sementara yang lain merasa nyaman bergaul dengan kelompok kecil. Luangkan waktu Anda untuk merenungkan sesuatu yang Anda kuasai dan manfaatkan saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman menjadi berinteraksi dengan orang lain dan juga kepercayaan diri Anda akan tercermin melalui tindakan Anda.

3. Ciptakan Lebih Banyak Peluang untuk Diri Sendiri
Mungkin butuh beberapa menit untuk Anda berbicara dengan seorang barista di kedai kopi. Mungkin mengatakan ‘’iya’’ sangat sulit bagi Anda ketika diajak berlibur oleh teman sebaya Anda. Meskipun satu-satunya cara untuk mendapatkan peluang adalah dengan benar-benar keluar dari rutinitas Anda. Sebenarnya, setiap orang dapat menikmati kebersamaan dengan orang lain, tetapi tidak semua orang mau menjadi inisiator. Cobalah untuk keluar dari rutinitas Anda, maka setelah itu Anda akan menyadari betapa sederhananya mencari seorang teman.

4. Ajukan Pertanyaan Selama Percakapan
Anda mungkin akan mengkhawatirkan seperti: “Bagaimana jika percakapan menjadi canggung?” atau Anda bingung membuat percakapan menjadi menarik, karena Anda berpikir tidak ada yang menarik tentang saya. Namun, ini menjelaskan salahs atu kekuata terbesar Anda adalah menjadi pendengar yang bijaksana. Dengan mendengarkan teman Anda dengan seksama dan sesekali mengajukan pertanyaan dan memastikan sorotan tidak selalu tertuju pada Anda, itu mungkin akan membuat Anda jauh lebih nyaman. Cobalah ajukan pertanyaan seperti: “Apakah ada hal yang baru dalam hidupmu?” atau “apa pendapatmu tentang…” dengan begitu pihak lain akan merasa dimengerti dan dihormati karena itu menAndakan bahwa Anda peduli padanya.

5. Kesabaran adalah Kunci
Persahabatan sejati dan hubungan yang mendalam memang membutuhkan usaha. Kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan segala macam orang dalam hidup. Anda tidak harus terhubung dengan masing-masing dari mereka. Kepribadian, nilai, sifat saling bertentangan dan itulah cara alami fungsi sosial. Jika Anda merasa sangat cocok dengan seseorang, jangan ragu untuk menghubungi dan berkomunikasi dengannya jika Anda ingin mengenal lebih baik. Jika Anda sudah berusaha tetapi tidak pernah mendengar balasan apa pun, maka jangan takut untuk melanjutkan. Menemukan sahabat sejati Anda adalah proses. Namun, selama and terus berusaha, mereka akan muncul dan mengisi hidup Anda.

6. Lakukan Rutinitas
Mencari teman itu mudah, tetapi mempertahankan pertemanan adalah sesuatu yang sulit. Sangat mudah berteman dengan seseorang di media sosial. Namun, secanggih apapun teknologi akan terasa berbeda jika kita bertemu seseorang secara tatap muka. Untuk memahami orang seseorang, cobalah mengatur waktu dengan orang tersebut secara terus-menerus. Selain itu, cobalah untuk tidak mengkhawatirkan tentang topik yang dibahas, biarkan interaksi mengalir sebagaimana adanya. Karena sebenarnya kehadiran fisiklah yang memperkuat sebuah ikatan.
Tidak semua orang membutuhkan sosialisasi setiap hari untuk membuat dirinya bahagia. Intinya, tetap dengan apapun yang membuat Anda nyaman dan percaya diri. Namun, jika Anda merasa terisolasi, cobalah ciptakan peluang untuk diri sendiri dalam berinteraksi dengan orang lain, meskipun dalam lingkup kecil. (Fadhil Ramadhan – Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait