Cara Transfer Antar Bank Lewat ATM yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp

Hampir semua orang melakukan transfer atau mengirim uang melalui ATM. ATM sendiri merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri dan bisa memudahkan berbagai transaksi perbankan. Transfer antar bank lewat ATM pun sering dilakukan masyarakat dan menjadi cara paling populer untuk mentransfer uang. Lalu, bagaimana cara transfer melalui ATM itu? Simak langkahnya berikut ini.

Cara Transfer Antar Bank Melalui ATM

Proses transfer uang baik antar rekening atau antar bank dengan mesin ATM sangat cepat dan aman.  Namun, untuk melakukan transfer antar bank lewat ATM memerlukan kode bank yang berlaku. Tak hanya itu, ada biaya administrasi yang ditanggung pengirim saat melakukan transfer beda bank.

Untuk itu perlu mencari tahu terlebih dahulu   yang dituju, bisa dengan bertanya pada pemilik rekening, bisa melalui mesin pencari, atau langsung mencari tahu di mesin ATM. Lalu seperti apa tata cara transfer antar bank melalui ATM? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, datangi ATM terdekat dari lokasi Anda. Kemudian masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  2. Setelah itu, pilih jenis bahasa yang akan Anda pakai, misalnya Bahasa Indonesia. Jika sudah lanjut pada PIN, masukkan PIN ATM Anda dengan benar. Jika PIN yang dimasukkan benar maka akan muncul beberapa opsi menu tertera di layar.
  3. Setelah itu, pilih menu Transaksi Lainnya dan klik Transfer. Di layar mesin ATM akan muncul menu bank tujuan transfer, klik Bank Lain.
  4. Selanjutnya masukkan Kode Bank yang sudah Anda dapat sebelumnya dan nomor rekening penerima
  5. Kemudian input nominal atau jumlah dana yang akan ditransfer. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan, apakah nama penerima dan jumlah dana yang akan ditransfer sudah benar atau belum.
  6. Jika sudah yakin klik Benar.
  7. Tunggu beberapa saat dan akan notifikasi pada layar, apakah transfer antar bank berhasil atau tidak.
  8. Jika berhasil maka akan ada keterangan Transaksi Anda Berhasil. Jika proses transfer gagal, alasan transaksi gagal akan tercantum juga di layar mesin ATM. Bisa karena saldo kurang atau mesin ATM sedang gangguan. Setelah selesai silahkan ambil kartu ATM Anda.

Biaya administrasinya tergantung bank pengirim. Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda. Namun untuk transaksi antar bank selalu dikenakan biaya tambahan. Untuk bisa melakukan transfer antar bank tanpa biaya tambahan, ada Flip yang siap membantu.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Transfer Lewat ATM?

Saat melakukan transfer melalui mesin ATM ada beberapa hal yang perlu diingat dan diperhatikan baik-baik.

  1. Lakukan dengan Teliti

Saat menginput kode bank, nomor rekening tujuan dan nominal dana yang ditransfer, pastikan data dimasukkan dengan benar. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam hal ini. Sebab transaksi yang sudah berhasil diproses tidak akan bisa dibatalkan apapun alasannya.

  1. Terdapat Biaya Administrasi

Biaya administrasi ini berlaku untuk setiap transaksi. Meski Anda melakukan transfer pada nomor rekening yang sama tetap akan dikenakan biaya tambahan yang sama. Biasanya bank menetapkan biaya transfer antar bank lewat ATM Rp.6.500 sampai Rp 7.500

  1. Pastikan Saldo Mencukupi

Saat Anda akan melakukan pengiriman uang ke lain bank, siapkan saldo yang cukup. Diluar nominal dana yang akan Anda transfer, saldo rekening Anda harus lebih dari jumlah itu. Sebab, biaya admin akan diambil sekaligus saat Anda melakukan transfer antar bank. Jika ingin transfer tanpa biaya admin, bisa dengan cara menggunakan Flip.

Flip merupakan salah satu aplikasi transfer antar bank yang membebaskan biaya administrasi bagi penggunanya alias gratis. Flip juga memiliki lisensi dari BI atau Bank Indonesia secara resmi. Tidak heran jika setiap transaksi menggunakan Flip sangat aman.

Transfer antar rekening dan antar bank dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tanpa batasan waktu. Selain hemat biaya admin, secara tidak langsung Anda juga telah menghemat waktu dan tenaga untuk pergi ke ATM lebih dulu. Sudah lebih dari 6 juta pengguna yang sudah merasakan kemudahan dari Flip.

Tidak hanya transfer, urusan lain seperti membeli pulsa dan paket data, top up dompet digital, bahkan transfer uang ke luar negeri juga bisa menggunakan Flip. Berbagai kemudahan dalam satu aplikasi ini memang sangat memudahkan semua urusan Anda. Jadi, yuk pakai Flip sekarang juga!

 

ini ga dikasih link ke halaman kode bank kita aja @didit@flip.id ?

_Assigned to Aditya Rochman_

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait