Cari Bibit Atlet Muda, SMPTAG Surabaya Gelar Lomba Voli Tingkat SD

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Untuk mencari bibit-bibit atlet muda dan potensial, SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya menggelar lomba bola voli tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Surabaya. Lomba bola voli ini juga sengaja digelar agar minat para pelajar pada olahraga bola voli kembali meningkat. Sebab, olahraga bola voli kini mulai jarang diminati.

Setelah berhenti akibat adanya pandemi Covid-19, kegiatan olahraga di sekolah kembali diaktifkan. Salah satunya, olahraga bola voli yang kini mulai jarang diminati. Namun, untuk menarik kembali minat olahraga bola voli, SMPTAG Surabaya menggelar lomba bola voli tingkat pelajar Sekolah Dasar. Lomba bola voli yang digelar pertama kali ini diikuti 36 tim putra dan putri atau sebanyak 180 pelajar tingkat SD negeri dan swasta se-Surabaya.

Kepala SMPTAG Surabaya, Wiwik Wahyuningsih, menegaskan setiap tahun biasanya SMPTAG Surabaya menggelar lomba futsal dan jumlah pesertanya selalu membeludak. Namun, agar olahraga bola voli kembali diminati para pelajar di tingkat SD dan SMP, pihaknya menggelar lomba voli antar pelajar SD se-Surabaya yang digelar mulai 22-24 Mei 2023.

“Selain bisa menyalurkan bakat dan minat dalam bola voli, lomba ini juga sekaligus untuk mencari bibit-bibit atlet muda dan potensial. Sebab, bola voli ini tidak ada peminat dan jarang digelar di sekolah. Padahal, potensi untuk bibit-bibit atlet muda dari pemain bola voli lebih banyak,” terang Wiwik ditemui saat memantau pertandingan bola voli di sekolahnya, Rabu (24/5/2023).

Nantinya, prestasi yang diraih pelajar dari lomba bola voli ini juga menjadi salah satu syarat untuk bisa diterima di SMPTAG Surabaya melalui jalur prestasi. Terbukti, sebelumnya SMPTAG Surabaya juga sudah menerima atlet bola voli dari Semarang, Jawa Tengah dan Kediri, Jawa Timur.

“SMPTAG Surabaya menerima atlet bola voli dari luar Surabaya. Seperti Semarang dan Kediri. Kenapa harus pelajar SD? Karena mulai dari dini, anak-anak jadi tahu dan minatnya di bidang olahrag bolai voli ini sampai nanti di tingkat SMP,” tegasnya.

Sementara itu, Nathana Azzam, salah satu peserta dari SD Negeri Klampis Ngasem I Surabaya, mengaku senang dan antusias mengikuti lomba bola voli ini. Sebab, kini mulai jarang ada kegiatan lomba khusus olahraga bola voli, terutama bagi pelajar SD.

“Saya bersama teman-teman sekolah latihan rutin. Iya, sengaja untuk persiapan dalam menghadapi lomba bola voli ini. Selain itu, apabila nanti ada kesempatan untuk menjadi atlet muda, kami sudah bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari,” ungkapnya.

Selain mendapatkan piala dan uang pembinaan, para pelajar SD yang menjuarai lomba bola voli ini juga akan mendapatkan kesempatan untuk bisa masuk ke SMPTAG Surabaya melalui jalur prestasi. Selain itu, para nantinya juga akan didata di Dinas Pendidikan Kota Surabaya agar bisa diikutkan dalam lomba bola voli di tingkat Provinsi maupun Nasional.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait