Cegah Penyebaran Covid-19, AAL Terapkan Social Distancing

  • Whatsapp

SURABAYA- beritalima.com | Langkah preventif untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 harus dilakukan secara bersama dan disiplin, untuk itu Akademi Angkatan Laut (AAL) juga menerapkan hal yang sama dengan menerapkan Social Distancing sesuai ketentuan yang diserukan TNI/TNI AL yang sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam penanganan secara konfrehensif wabah ini.

“Penerapan Social Distancing ini, merupakan perintah dari Komando Atas, dan ini merupakan salah satu upaya yang dijalankan AAL, dengan mengedukasi personel dan Taruna melalui sosialisasi secara berulang-ulang tentang social distancing dan menerapkan pola hidup sehat dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 ini,” terang Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. saat meninjau pelaksanaan belajar mengajar Taruna di Gedung Mandalika, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (26/3).

Menurut Gubernur AAL, setiap kita bisa mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan disiplin melaksanakan pola hidup sehat dan Sosial Distancing. Social Distancing adalah tindakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain dan menghindari melakukan kegiatan di keramaian.

Untuk kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan (Jarlatsuh) bagi AAL lanjutnya, Operasi Pengajaran (Opsjar) AAL telah mengatur jarak tempat duduk saat pelaksanaan belajar di kelas maupun di luar kelas, menjaga jarak antara dosen dan Taruna saat melakukan pengajaran, jarak duduk waktu makan bersama, jam istirahat dan kegiatan lainnya.

Selain itu, untuk personel organik, seperti instansi di jajaran pemerintah lainnya, AAL juga mengikuti anjuran pemerintah dan instruksi Komando Atas untuk menerapkan pembagian bekerja dari rumah (Work from Home) semala 14 hari kerja secara bergilir dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini.

Menurutnya, penerapan hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dengan ihklas dan disiplin, mencuci tangan dengan benar gunakan sabun misalnya, kebiasaan cuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau gunakan hand sanitizer untuk membasmi kuman.

Penggunaan masker lanjutnya, meski tidak sepenuhnya efektif mencegah terpapar kuman, namun penggunaannya tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

Menjaga daya tahan tubuh, tambah Gubernur adalah hal terpenting. Upaya ini bisa dilakukan dengan selalu berfikiran positif, istirahat dan tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat dan cukup, dianjurkan menambah suplemen seperti vitamin dan berolahraga secara teratur dan berlanjut.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait