Cegah Terjadinya Kerawanan Pemilu dan Pilkada, Pemkab Madiun Bentuk DESK

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka menyukseskan gelaran Pilihan Presiden (Pilpres) dan Pilihan Legislatif (Pileg) yang bakal digelar 14 Februari 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, membentuk Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK).

Menurut Pj Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, pembentukan tim DESK guna mensikapi cipta kondisi dalam rangka Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

“Terutama pada agenda rawan atau pada fase fase rawan yang perlu dilakukan monitoring.” kata Ir. Tontro Pahlawanto, saat rapat koordinasi DESK Pemilu dan Pilkada, Selasa 16 Januari 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Madiun, lanjutnya, dengan membentuk Posko Kamtibmas di masing masing desa/kelurahan.

“Pembentukan Posko Kamtibmas sebagai langkah deteksi dini sekaligus sebagai media informasi pada DESK Pemilu.” tandasnya.

Nantinya, papar Tontro, Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun juga ada sebuah informasi melalui aplikasi, dimana informasi tersebut akan dilaporkan secara berjenjang pada DESK Pilkada.

“Posko Kabtimbas akan diisi oleh anggota Linmas desa, Babinkamtibmas dan Babinsa. Sedangkan untuk anggaran operasional, sudah disiapkan di masing masing desa. Untuk Posko Kamtibmas akan siap pada H-1 pemungutan suara.” pungkasnya.

Hadir dalam rapat koordinasi DESK Pemilu ini, diantaranya Kapolres Madiun, Kapolres Madiun Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun, Kasdim 0803/Madiun, Komisioner KPU Kabupaten Madiun dan Bawaslu Kabupaten Madiun, Pj Sekda Kabupaten Madiun, Asisten Pemerintahan dan Kesra, sejumlah Kepala OPD serta Camat. (Dibyo).

Ket. Foto: Ir Tontro Pahlawanto (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait