Covid-19 Pemkab Malteng Gelar Rapat Terbatas, Tuasikal Di Malteng ODP dan PDP Negatif

  • Whatsapp

Masohi. Berita lima. Com
Setelah melakukan Rapat Koordinasi, mengantisipasi penyebaran virus corona. Menindaklanjutinya, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab Malteng), telah melakukan Rapat Terbatas guna membahas dan mengevaluasi langkah-Iangkah penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus Corona Disease (COVID-19) di Malteng.

Rapat melibatkan Anggota Forum Koordinasl Pimpinan Daérah (FKPD) Malteng dan seluruh Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Malteng, Sabtu, (21/3/20), berlangsung di Oparation Room lantai tiga Kantor Bupati.

“Pada prinsipnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah telah menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat diantaranya Instruksl Presiden RI, dan beberapa Surat Edaran Kementerian terkait Iainnya guna upaya-upaya Pemerintah Daerah dalam menanganl dan mencegah penyebaran wabah Virus Corona Disease (COVID-19) di daerah, dengan mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Malteng.” Tegas Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH, dalam pers rilisnya yang diterima Berita Lima. Com, Sabtu, (21/3/20) di Masohi.

Dikatakannya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Malteng, telah melakukan berbagai langkah-langkah cepat dan strategis untuk mempercepat pencegahan dan penanganan COVID-19 seperti penyediaan posko pengecekan suhu tubuh di area publik, seperti Pelabuhan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta publikasi himbauan-himbauan pencegahan COVID-19.

“Kita sudah lakukan langka strategis, terkait status penyebaran COVID-19 di Kabupaten Malteng maka berdasarkan data per tanggal 21 Maret 2020 dari Dinas Kesehatan Malteng. Penyebaran COVID-19 di Malteng dinyatakan bahwa jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) COVID-19 adalah Negatif/ tidak ada, dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVlD-19 juga Negatif/tidak ada. Tentunya kita semua berharap kondisi ini tetap dipertahankan sehingga seluruh masyarakat Malteng terhindar dari wabah COVlD-19,” jelasnya.

Terkait himbauan Pemerintah Pusat untuk Sosial/ Distancing sebagai Iangkah untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas, serta mengurangi kerumunan. Menurut Tuasikal, untuk kegiatan rapat atau sejenisnya saya instruksikan agar dihentikan sementara waktu, dan untuk kegiatan keramaian seperti pemikahan dan Iain-tainnya agar dibicarakan Iebih lanjut dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Malteng.

“Untuk pemenuhunan kebutuhan bahan pokok di Malteng pasca kondisi wabah COVID-19 yang meresahkan masyarakat, maka ketersediaan kebutuhan bahan pokok secara umum masih ada dan dapat memenuhl permintaan konsumen di pasar. Selanjutnya dalam waktu dekat, Saya bersama TNl/POLRI akan melakukan sidak ke Pasar terdekat untuk mengecek stabilitas harga barang khususnya kebutuhan bahan pokok,” ucapnya.

Tuasikal menghimbau kepada seluruh masyarakat Malteng untuk tetap benang, tetap mawas diri, berpikir positif, dan berikhtiar menyikapi wabah COVID-19, dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi dan berolahraga secara teratur.
“Segera ke dokter bilamana mengalami gangguan kesehatan, menghindari tempat-tempat keramaian bilamana tidak mendesak, bahkan turut mendoakan keamanan dan keselamatan Bangsa dan Negara ini secara khusus Malteng, dalam menghadapi masalah wabah penularan virus Corona,” harapnya. (Uc01)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait