Dana Riset Multiyears Unismuh Makassar Cair Senilai Rp 1,5 M

  • Whatsapp

MAKASSAR. Universitas Muhammadiyah Makassar tahun ini  kembali cair  hibah penelitian multiyears tahun ke dua dan ketiga  dan  dana hibah penelitian mono tahun dari Kemendikbud RI.
Untuk hibah penelitian multiyears tahun ke 2 dan ke 3 pencairannya dibayarkan 100 persen, yakni sebesar Rp 1.5 Milyar lebih. Sementara penelitian mono tahun anggarannya Rp.476 juta.


Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr Ir H. Abu Bakar Idhan, MP,  Jumat (4/9/2020), mengatakan penelitian multiyears sebanyak 13 judul. Dan dari 13 judul penelitian ini 9 judul untuk bidang eksak dan 4 judul bidang non eksak. Sementara untuk penelitian mono tahun 100 persen adalah bidang sosial.


Dikatakan Abu Bakar, output dari  penelitian multiyears pada akhir tahun program  diharapkan  bisa menghasilkan luaran,  jurnal nasional, menghasilkan buku ajar dan sebuah model. 
Menariknya karena output riset mono dan multi years yg memenuhi luaran tambahan yang dijanjikan akan mendapatkan penghargaan senilai Rp.30 juta untuk jurnal internasional terindeks dan model, sedangkan jurnal nasional dan buku ajar Rp.15 juta


“Dalam tiga tahun terakhir rata-rata yang menang untuk penelitian multiyears sebanyak 30 judul,”ujar Abu Bakar.
Kalau untuk kegiatan penelitian di Unismuh Makassar  kata Abubakar kegiatan pengabdin pada masyarakat yang lolos masih relatif  kecil  antara 4 dan 5  proposal saja.


Terkait peningkatan pengabdian masyarakat  di tahun mendatang, maka LP3M Unismuh Makassar akan melakukan pembimbingan  melalui webinar tahun ajaran baru pada Desember 2020 mendatang. (ulla/yahya).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait