Dengan ‘One to Many’, BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo Atasi Serbuan Klaim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Selama pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Surabaya Darmo tetap memberikan pelayanan terbaik dan sesuai protokol kesehatan. Kantor Cabang di Jalan Diponegoro No.6 Surabaya ini menerapkan Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) Online, Offline, dan Kolektif.

Pada awalnya, sebagaimana arahan kantor pusat, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo pun melakukan pelayanan secara online atau yang dikenal dengan istilah Lapak Asik. Layanan secara online ini mulai dari pendaftaran pengajuan klaim, verifikasi data sampai pencairan klaim semuanya tanpa kontak fisik.

Lapak Asik ini diterapkan dengan tujuan untuk membatasi pertemuan atau kontak fisik antara petugas dengan peserta BPJAMSOSTEK guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kemudian, Lapak Asik ini terus dievaluasi dan disempurnakan untuk memberikan kelancaran pada peserta yang memiliki keterbatasan melalui online. Maka, lahirlah Lapak Asik Offline.

Lapak Asik Offline tetap secara online tapi mengijinkan peserta datang ke Kantor Cabang dan tetap menghindari kontak fisik guna mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan, dengan Lapak Asik Offline ini seorang petugas Customer Service Officer (CSO) BPJAMSOSTEK bisa melayani 4 sampai 6 peserta sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga pelayanan ini disebut ‘One to Many’.

Pelayanan ‘One to Many’ ini pun langsung diterapkan di BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo dengan baik dan lancar. Dalam pelayanan ini, BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo menyediakan bilik-bilik yang dilengkapi layar monitor untuk digunakan peserta menerima panduan atau komunikasi dengan petugas dalam rangka verifikasi data.

Pelayanan ‘One to Many’ BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo ini mampu mengimbangi banyaknya peserta yang mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) setelah di-PHK karena dampak Pandemi Covid-19.

Selain itu, BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo juga siap memberikan kemudahan klaim bagi peserta melalui kanal Lapak Asik Kolektif. Fasilitas ini untuk perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan tersedianya kanal Lapak Asik Kolektif ini perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan.

Dengan penerapan Lapak Asik Online, Offline dan Kolektif tersebut, jumlah klaim yang dibayarkan BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo di masa Pandemi Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, saat dihubungi 24 Juni 2020 mengatakan, sejak awal tahun hingga akhir Mei 2020, total klaim yang dibayarkan BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo sebanyak 9.251 klaim, yang jumlah nominalnya sebesar Rp 104.086.682.053,-. Total klaim sebanyak itu terdiri dari 6.925 klaim Jaminan Hari Tua (JHT), 1.150 klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), 78 klaim Jaminan Kematian (JKM), dan 167 klaim Jaminan Pensiun (JP).

Guguk menambahkan, di tengah pandemik Covid-19 pihaknya tetap berusaha memaksimalkan pelayanan dengan tetap menjaga kesehatan pencegahan Covid-19 demi kenyamanan dan kesejahteraan peserta. (Ganefo)

Teks Foto: Lapak Asik Offline di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo, seorang petugas melayani 4 sampai 6 peserta dalam waktu bersamaan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait